Raib 600 Juta, Oknum PNS Diduga Menipu Peserta Tes CPNS

Ingin Ikut Tes CPNS di Kemendagri, Ini Jadwal dan Lokasi Pelaksanaan Seleksinya (Foto Dok. Ilustrasi Tes Seleksi CPNS)
Ingin Ikut Tes CPNS di Kemendagri, Ini Jadwal dan Lokasi Pelaksanaan Seleksinya (Foto Dok. Ilustrasi Tes Seleksi CPNS) (Foto : )

Antv – Lagi dan lagi oknum PNS melakukan tindakan manipulatif dengan menjanjikan lolos sebagai PNS. HM adalah korban diduga penipuan oleh oknum PNS DKI yang menjanjikan lolos sebagai PNS.

Akibat dugaan penipuan tersebut, HM mengalami kerugian hingga Rp600 juta. Saat ini HM juga sudah melaporkan dugaan penipuan tersebut ke Polres Tangerang., Walikota Jakarta Barat, dan PJ Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono 

Lintar Fauzi, kuasa hukum HM mengatakan, dugaan penipuan tersebut terjadi pada tahun 2019. Kala itu kliennya mendaftarkan diri ikut tes CPNS secara resmi dan prosedural.

Namun ditengah proses pendaftaran HM bertemu dengan seseorang yang mengaku bisa membantu meloloskannya menjadi PNS. 

“Klien kami sempat menolak dan tidak percaya karena klien kami tahu sistem tes CPNS saat ini sudah menggunakan sistem online real time tidak akan bisa dimanipulasi,” ujar Lintar Fauzi di Jakarta, Jumat, 10 Maret 2023.

Sang kuasa hukum pun menyebut bahwa oknum PNS tersebut tetap memaksa dan meyakinkan korban untuk menerima tawaran tersebut.

Oknum terebut berinisial AS dan merupakan PNS aktif di DKI Jakarta. Oknum tersebut mengaku memiliki relasi di BKN Pusat dan banyak pejabat di kementerian.