8 Manfaat Kurma untuk Kesehatan yang Sudah Terbukti Secara Ilmiah

dates-in-white-bowl-1296x728
dates-in-white-bowl-1296x728 (Foto : )

Selain teksturnya yang kenyal, kurma juga memiliki nutrisi tinggi serta banyak manfaat dan kegunaanya. Kurma Medjool dan Deglet Noor adalah jenis kurma yang paling banyak dikonsumsi. Berikut kami rangum dari laman Healthline pada Selasa, 16 Agustus 2022 delapan manfaat Kurma bagi kesehatan yang telah terbukti secara ilmiah.

1. Sangat Bergizi

Kurma memiliki nutrisi yang sangat baik karena dikeringkan, sehingga kandungan kalorinya lebih tinggi daripada kebanyakan buah segar. Sebagian besar kalori kurma berasal dari karbohidrat, sisanya jumlah protein yang sedikit. Kurma juga mengandung beberapa vitamin dan mineral penting selain sejumlah serat. Selain itu kurma juga tinggi antioksidan, yang dapat berkontribusi pada banyak manfaat kesehatan.

2. Tinggi Serat

Mengandung hampir 7 gram serat dalam porsi 3,5 ons, Kurma termasuk buah yang bagus untuk meningkatkan asupan serat bagi seorang yang sedang diet. Kandungan serat tersebut juga bermanfaat bagi kesehatan pencernaan dengan mencegah sembelit. Selain itu serat kurma bermanfaat untuk mengontrol gula darah.

3. Tinggi Antioksidan Penangkal Penyakit

Kurma menyediakan berbagai antioksidan yang menawarkan sejumlah manfaat kesehatan, termasuk pengurangan risiko beberapa penyakit. Antioksidan melindungi sel-sel dari radikal bebas, yang merupakan molekul tidak stabil yang dapat menyebabkan reaksi berbahaya dalam tubuh dan menyebabkan penyakit. Berikut adalah ikhtisar dari tiga antioksidan paling kuat dalam kurma: