5 Tips Agar Tidak Gampang Lupa dan Dijamin Ingatan Lebih Tajam

5 Tips Agar Tidak Gampang Lupa dan Dijamin Ingatan Lebih Tajam (Foto Ilustrasi-Pixabay)
5 Tips Agar Tidak Gampang Lupa dan Dijamin Ingatan Lebih Tajam (Foto Ilustrasi-Pixabay) (Foto : )
Sering kita atau orang lain alami gampang lupa dengan sesuatu, misalnya lupa menaruh kunci, kacamata, atau baru saja berkenalan dengan seseorang.
Sejatinya jika mengalami hal seperti itu hanya satu langkah yang perlu dilakukan yaitu memberikan perhatian khusus terhadap fungsi otak.Tak perlu mahal dan rumit, beberapa latihan dan kebiasaan ringan bisa membantu untuk menjaga ketajaman daya ingat otak, sepeti berikut ini:
1. Meditasi. Menurut sebuah penelitian, meditasi punya banyak manfaat untuk kesehatan, seperti mengurangi stres, mengontrol emosi, hingga menajamkan ingatan. Baik ingatan jangka panjang maupun ingatan jangka pendek.Untuk yang mudah lupa, cobalah untuk rutin melakukan meditasi setiap hari. Bisa pagi atau sore hari di lokasi yang tenang dan mendukung agar meditasi yang kalian lakukan lebih maksimal. 2. Hindari stres. Dalam sebuah jurnal yang diterbitkan oleh peneliti dari Harvard Medical School di Boston, Massachusetts, menunjukan adanya dampak stres terhadap otak.Penelitian tersebut mendeteksi stres menyebabkan berkurangnya ingatan dan menyusutnya volume otak. Maka dari itu hindari stres berlebihan agar kinerja otak tidak over kapasitas.