Bantai Nepal 7-0, Indonesia Lolos Piala Asia 2023

Timnas
Timnas (Foto : )

Timnas Indonesia lolos ke Piala Asia 2023 sebagai Runner-Up Grup A setelah, mengalahkan Nepal dengan skor telak 7—0 pada Kualifikasi Piala Asia 2023 Grup A pada Rabu (15/6/2022) dini hari tadi.

Berkat kemenangan itu, Timnas Indonesia berada di peringkat kedua dengan koleksi enam poin dan berhak lolos ke putaran final Piala Asia 2023 dengan status lima runner-up terbaik.

Tampil di Jaber Al-Ahmad International Stadium Timnas Indonesia bermain luar Biasa dan menghempaskan Nepal 7-0. Gol dari Dimas Drajad (6’), Witan Sulaeman (43’, 81), Fachruddin Aryanto (54’), dan Saddil Ramdani (55’), Elkan Baggot (80) dan Marcelino ferdinand (90) yang menjadi penentu kemenangan tersebut.

Di babak pertama Indonesia memimpin 2-0 lewat gol Dimas Drajad dan Witan Sulaeman.

Babak kedua Indonesia tampil sangat dominan, terlebih setelah Nepal sudah bermain dengan 10 orang saat tertinggal satu gol. Fachruddin Aryanto, Saddil Ramdani, Elkan Baggott, Witan, Marselino Ferdinan masing-masing menambah gol.

Anak asuhan Shin tae-Yong ini mengamankan posisi dua Grup A dengan enam poin, dan menyingkirkan Filipina yang mengolesi empat poin di Grup B. Hasil ini membuat Indonesia finis di posisi runner-up Grup A dan meraih tiket ke Piala Asia 2023 setelah mengambil slot sebagai runner-up terbaik. 

Indonesia terakhir tampil di Piala Asia pada 2007. Indonesia saat itu menjadi tuan rumah bersama beberapa negara Asia Tenggara lainnya.