Sempat Dikritik, Jersey Timnas Tuai Pujian Saat Resmi Diluncurkan

jersey baru timnas bocor di media sosial
jersey baru timnas bocor di media sosial (Foto : Ig @sportone)

AntvKostum timnas yang disponsori Erspo resmi diluncurkan Senin (18/3/2024). Jersey timnas yang digarap oleh apparel lokal papan atas itu nyatanya mengundang pujian luas publik. Beberapa hari sebelumnya, bocoran jersey timnas sempat mengundang kritik karena dinilai terlalu sederhana. 

Namun ketika detail kostum itu diungkap ke publik, kritik berubah menjadi pujian. Jersey timnas memiliki detail menarik dengan menampilkan corak rajutan khas Indonesia. 

Presenter dan pengamat sepak bola nasional Tio Nugroho mengomentari secara positif jersey baru timnas garapan Erspo. "Keren, simple, dan elegant. Congrats Erspo," tulis Tio di platform Instagram, Senin (18/3/2024).

Warganet turut merespons poaitif jersey karya milenial itu. "Keren berkelas jika dilihat langsung realnya, bahan gradasi rajut yang ditonjolkan," komentar akun @alieenliem di Instagram @erspo, Senin (18/3/2024). 

Di media sosial X, bahasan soal jersey timnas bahkan menjadi trending topik yang merajai lini masa. Keyword KostumTimnas BuatanMilenial, JerseyGaruda YangTerbaik, dan tagar #JerseyTimnasGaruda serta menjadi topik utama yang mayoritas berisi apresiasi dari warganet, terutama akun bercentang biru. "Karena jersey itu tak sekadar design, dan banyak hal terkait teknologi kain, detail designnya sih juga udah pasti. Pada nunggu teknologi di kainnya nanti seperti apa, supaya jersey sederhana itu terlihat mewah," tulis akun @Far_Rida do akun X. 

Banyak pula yang memberi apresiasi bahwa jersey timnas Indonesia adalah garapan perusahaan yang didirikan milenial dan Gen z. "Keren banget emang jersey buatan milenial ini, gak nyangka," tulis akun @KecoaTongseng

Salah satu pegiat media sosial @Arti_SebuahRasa juga memuji kostum timnas garapan Erspo. "Ini keren banget asli, looknya khas banget, jadi tahu kalau ini timnas Indonesia. Pokoknya #BanggaKostumTimnas sekarang ini. Jersey timnas yang terbaik," tulisnya.