Pesona Batik Trenggalek di Pasar Tanah Abang. Upaya Memperkenalkan Kearifan Lokal

trengalek
trengalek (Foto : )

Gaya berbusana batik di Indonesia makin menggeliat. Berbagai daerah pun mencoba berkreasi dengan menciptakan batik khas sesuai karakter wilayah masing-masing, tak terkecuali dengan Trenggalek, Jawa Timur.

Promosi batik Trenggalek sendiri dilakukan dengan berbagai cara, mulai dari mengikuti pameran di berbagai kota serta bekerjasama dengan ritel modern. Selain itu, Ibu kepala daerah juga ikut berperan aktif dalam mempromosikan batik khas Trenggalek.

Istri Bupati Trenggalek Mochamad Nur Arifin yakni Novita Hardini, baru-baru ini berkunjung ke Pasar Tanah Abang Jakarta Pusat untuk memperkenalkan batik asli pengrajin batik tulis Kabupaten Trenggalek.

"Saya blusukan di Pasar Tanah Abang kali ini dalam rangka untuk bisa membuat batik Trenggalek ini bisa hadir di masing-masing toko di Pasar tanah Abang sehingga masyarakat Jakarta yang ingin membeli dan mengenal bagaimana kearifan lokal kabupaten Trenggalek melalui seni batiknya ini bisa langsung aja datang ke Tanah Abang," ucap Novita Hardini pada Rabu lalu (18/5/2022).

[caption id="attachment_518029" align="alignnone" width="855"] beberapa kekhasan motif batik tulis trenggalek yang sudah merambah mancanegara (Foto: Isitimewa)[/caption]