Thailand Pastikan Tiket ke Semifinal Piala AFF 2020

Teerasil Dangda Brace antar Thailand ke semi final Piala AFF 2020
Teerasil Dangda Brace antar Thailand ke semi final Piala AFF 2020 (Foto : )
Thailand pastikan tiket ke semifinal Piala AFF 2020. Thailand sukses membungkam Filipina dengan kemenangan tipis 2-1 dan menjadi tim pertama yang memastikan diri lolos ke semi final Piala AFF 2020.
Timnas Thailand sukses memetik kemenangan tipis 2-1 atas Filipina pada laga ketiga lanjutan babak penyisihan Grup A Piala AFF Suzuki 2020. Pertandingan antara Filipina melawan Thailand berlangsung di Stadion National pada Selasa (14/12/2021) sore WIB.Tim Gajah Perang, julukan timnas Thailand, tampil mendominasi sejak kick off babak pertama. Pelatih Alexandre Polking menurunkan striker andalan Teerasil Dangda didampingi Sarachat di lini depan untuk menggempur lini pertahanan Filipina.Setelah beberapa kali mengancam gawang Filipina yang dikawal kipper Kevin Ray Hansen, Thailand akhirnya berhasil membuka keunggulan melalui sang bomber Teerasil Dangda pada menit ke-26’. Teerasil Dangda berhasil menjebol gawang Filipina yang dijaga kipper Kevin Ray Hansen setelah berhasil memanfaatkan crossing Theerathon Bunmathan dari sisi kiri gawang lawan.Tertinggal satu gol, Filipina bangkit menyerang dan memperkuat lini pertahanannya. Filipina membalas serangan lewat striker Guilardo Aldeguer didampingi winger Ramsey dan Schrock. Namun serangan Filipina selalu kandas di lini pertahanan Thailand yang dikawal oleh 4 bek sejajar Bihr, Kaman, Weerawatnodom dan BunmathanSkor 1-0 untuk keunggulan Thailand bertahan hingga babak pertama berakhir. 
Babak Kedua Filipina vs Thailand Memasuki babak kedua, serangan gencar timnas Filipina akhirnya membuahkan hasil. Gempuran striker Guilardo Aldeguer didampingi winger Ramsey dan Schrock berhasil membalas gol Thailand dengan memanfaatkan situasi tendangan bebas.Berawal dari tendangan bebas dari jarak jauh, pemain Filipina mengirimkan umpan lambung ke jantung pertahanan Thailand. Bola berusaha disapu barisan pertahanan Thailand namun tidak sempurna. Memanfaatkan bola liar tersebut, Patrick Reichelt menyambut bola di kotak penalti untuk merobek gawang Thailand yang dikawal kipper Budrom pada menit ke 57’. Skor berubah imbang 1-1.Meski kebobolan dan diimbangi 1-1 oleh Filipina, para pemain timnas Thailand terus konsisten menggempur pertahanan lawannya. Serangan gencar yang dibangun Songkarsin akhirnya membuahkan hasil pada menit ke-76’.Tim Gajah Perang mendapatkan hadiah penalti setelah pemain pengganti Thitiphan Puangjan dijatuhkan lawan di kotak terlarang Filipina. Teerasil Dangda maju sebagai eksekutor Thailand dan dengan sepakan keras ke arah kiri, sang striker membawa timnya kembali unggul 2-1.Brace Teerasil Dangda menjadi penentu kemenangan Thailand atas Filipina dalam laga ini. Hingga pertandingan berakhir Timnas Thailand berhasil mengalahkan Filipina dengan skor akhir 2-1.Hasil ini membuat timnas Thailand menjadi tim pertama yang berhasil lolos ke semi final Piala AFF 2020. Kepastian tersebut diraih usai pasukan Alexandre Polking mengoleksi sembilan poin di Grup A Piala AFF 2020. Perolehan tersebut sudah aman untuk membawa Thailand melaju ke semifinal.Tim Gajah Perang untuk sementara menjadi pemuncak klasemen Grup A Piala AFF 2020. Di sisi lain, Filipina yang masih meraup tiga poin di peringkat ketiga dipastikan tersingkir dari Piala AFF 2020, meski masih punya satu laga tersisa.  Daftar Pencetak Gol Filipina Vs Thailand 1-2 (Patrick Reichelt 57', Teerasil Dangda 26' 78') Daftar Susunan Pemain Filipina vs Thailand