Lonjakan Kasus Covid-19, Pakar Epidemiologi Ingatkan Potensi Klaster Munas Kadin di Kendari

Lonjakan Kasus Covid-19, Pakar Epidemiologi Ingatkan Potensi Klaster Munas Kadin di Kendari
Lonjakan Kasus Covid-19, Pakar Epidemiologi Ingatkan Potensi Klaster Munas Kadin di Kendari (Foto : )
Pakar epidemiologi Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari, Sulawesi Tenggara, Ramadhan Tosepu, mengingatkan potensi terjadinya klaster covid-19 dalam Munas Kadin Indonesia 30 Juni 2021.
Ramadhan Tosepu mengatakan, lonjakan kasus covid-19 belum bisa diidentifikasi sebagai virus corona varian baru, sebab masih butuh pemeriksaan yang lebih mendetail.Dengan pola penelusuran yang agresif, maka penemuan kasus juga bakal meningkat. Maka, Ramadhan menyarankan Pemerintah Kota Kendari agar memperluas cakupan pelacakan serta aktivitas masyarakat dipersempit atau dibatasi.“Menekankan pada tempat-tempat umum seperti toko, mal dan sarana umum lainnya untuk membatasi jam layanan. Terpenting penegakan pematuhan protokol kesehatan diawasi dengan ketat oleh pemerintah,” ujarnya di Kendari, Kamis (24/6/2021), dikutip dari viva.co.id.Ramadhan juga mengingatkan potensi terjadinya klaster penularan covid-19 dalam pelaksanaan Musyawarah Nasional Kamar Dagang dan Industri (Munas Kadin) Indonesia yang direncanakan diselenggarakan di Kendari pada 30 Juni 2021.Dia mewanti-wanti potensi itu terutama seiring lonjakan kasus penularan virus corona di Kota Kendari dalam sepekan terakhir. Ia menyarankan segala bentuk kegiatan yang akan diadakan, hendaknya panitia pelaksana dan pemerintah setempat menerapkan sistem
screening yang ketat sebagai langkah pencegahan dini.Hal senada diungkapkan Ketua Ikatan Dokter Indonesia Kota Kendari, Alghazali Amirullah. Alghazali menegaskan tentang pentingnya penerapan protokol kesehatan kepada setiap orang yang akan datang ke Kendari, termasuk melalui pemeriksaan swab antigen.