Luar Biasa, Lansia Kukuh Ikuti Vaksinasi Saat Puasa

Warga lansia sedang memeriksa tekanan darah  di Balai Besar Pelatihan Kesehatan. ( Foto: John Bosko/ANTV)               ecek tekanan darah di B
Warga lansia sedang memeriksa tekanan darah di Balai Besar Pelatihan Kesehatan. ( Foto: John Bosko/ANTV) ecek tekanan darah di B (Foto : )
Puasa bukan penghalang bagi lansia untuk mengikuti vaksinasi. Penyelenggaraan  vaksinasi yang di gelar di Balai Besar Pelatihan Kesehatan di Hang Jebat, Kebayoran Baru, Jakarta, di banjiri para lansia.
Warga lansia sedang pengecekan tekanan darah sebelum disuntik vaksin oleh tim medis di BBPK, Kampus Hang Jebat, Jakarta. Rabu (14/4) Siang.Pelaksanaan vaksinasi tidak hanya diantusiasi kalangan muda. Penyelenggaraan program antibodi pemerintah itu, ternyata digelorakan juga warga lanjut usia.Antusias tergambar saat tim liputan Topik Terkini Anteve menyambangi pelaksanaan vaksinasi bagi warga lansia di Balai Besar Pelatihan Kesehatan, Kampus Hang Jebat, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.Vaksinasi yang digelar di saat puasa, bukan menjadi batu sandungan warga lansia untuk tetap kukuh ikut menjadi peserta.Sejumlah Lansia mengaku tidak mengeluhkan gejala yang mengganggu pasca penyuntikan dan mereka justru merasa lega karena sudah divaksin.“senang sekali rasanya bisa nahan covid, udah niat sih mau vaksin, dan alhamdulillah tidak ada apa-apa, tidak ada efek apa-apa. ” ujar Saratno, warga lansia.Hal yang sama juga dirasakan Jumiati, warga Kebayoran Baru berusia 79 tahun. Meski sedang berpuasa, dirinya bersikukuh ingin mendapatkan vaksin.“ Ya namanya lansia, pengen sehat juga, tidak menularkan pada orang lain, atau cucu, keluarga dan sebagainya lah...,” tutur Jumiati.Untuk vaksinasi, Kementerian Kesehatan menargetkan 1.000 dosis per hari.Berdasarkan catatan Badan PPSDM Kesehatan lansia yang mendaftar melebihi target hingga 1040 lebih.Selain Jakarta, Warga lansia diluar ibukota bisa mendaftar sebagai peserta melalui online. Para pendamping lansia juga bisa melakukan vaksinasi.Diketahui, vaksinasi di Kampus Hang Jebat, dilaksanakan sejak 8 Maret lalu. Vaksinasi telah memasuki tahap dua, yang salah satunya memprioritaskan pedagang, guru, atlet, dan wartawan.
Restu Wulandari dan Jon Bosco | ANTV