Pasukan Bersenjata Iran Gelar Latihan Militer Gabungan dengan Rusia

Pasukan Bersenjata Iran Gelar Latihan Militer Gabungan dengan Rusia
Pasukan Bersenjata Iran Gelar Latihan Militer Gabungan dengan Rusia (Foto : )
Pasukan bersenjata Iran menggelar latihan militer gabungan dengan Rusia di perairan Samudera Hindia bagian utara, untuk meningkatkan keamanan perdagangan maritim.
Pasukan bersenjata Iran menggelar latihan militer gabungan dengan Rusia di perairan Samudera Hindia bagian utara. Latihan Angkatan Laut gabungan ini dimaksudkan untuk meningkatkan keamanan perdagangan maritim.Dilansir dari
AFP , Rabu (17/2/2021), televisi nasional Iran yang mengutip juru bicara latihan gabungan ini, Laksmana Muda Gholamreza Tahani, melaporkan bahwa latihan militer itu mencakup area perairan seluas 17 ribu kilometer persegi. Latihan gabungan itu melibatkan unit-unit militer Iran dan pasukan elit Garda Revolusi Iran serta Angkatan laut Rusia.“Tujuan latihan ini adalah untuk meningkatkan keamanan perdagangan maritim internasional, menghadapi pembajakan dan terorisme laut, serta bertukar infromasi,” kata Tahani dalam pernyataannya.Dalam pernyataan terpisah, Armada Baltik Rusia menyebut tiga kapal militer mereka akan ikut serta dalam latihan gabungan ini. Disebutkan juga oleh Armada Baltik Rusia, bahwa latihan ini mencakup ‘pembebasan sebuah kapal komersial yang diculik perompak’ dan melawan tembakan.Menurtu Tahani, Angkatan Laut India juga akan bergabung dengan latihan ini, dalam pesan ‘perdamaian dan persahabatan bagi negara-negara tetangga dan kawasan’.Kantor berita IRNA melaporkan bahwa latihan militer gabungan ini akan berlangsung selama tiga hari. Militer Iran menambahkan bahwa latihan ini juga akan ‘memperluas hubungan bilateral’ dengan Rusia.