Jika Dikumpul, Virus Corona di Seluruh Dunia Dapat Masuk ke Sekaleng Minuman Soda

virus corona
virus corona (Foto : )
Seorang ahli matematika asal Inggris memperkirakan, seluruh virus corona di dunia jika dikumpul dapat masuk ke sekaleng minuman soda.
Adalah Kit Yates, ahli matematika dari Universitas Bath, Inggris, yang mengkalkulasikan seberapa besar virus corona di dunia jika dikumpulkan dalam satu tempat.Penghitungan ini untuk menunjukkan bagaimana virus yang berukuran sangat kecil berdampak besar bagi kehidupan di Bumi.Menurut Yates, untuk menghitung seberapa banyak virus corona jika dikumpul, maka ia harus mengetahui tiga hal.Pertama, seberapa banyak rata-rata virus corona dalam tubuh setiap orang yang terinfeksi. Kedua seberapa besar rata-rata ukuran virus corona. Lalu yang ketiga adalah berapa jumlah orang di dunia yang terjangkit virus itu.Hasil penghitungannya, terdapat dua kuantiliun, atau dua miliar-miliar virus corona di dunia jika dikumpulkan dalam satu waktu.Yates mengungkapkan, dalam penghitungannya ini ia menggunakan diameter virus corona yang rata-rata sebesar 100 nanometer atau 1.000 kali lebih tipis dari rambut manusia.Bahkan jika lonjakan protein virus juga dihitung, volumenya masih jauh kurang dari sekaleng minuman Coca-Cola yang berukuran 330 mililiter.
"Sungguh mengherankan untuk berpikir bahwa semua masalah, gangguan, kesulitan, dan hilangnya nyawa yang terjadi selama setahun terakhir hanya bisa terjadi dalam beberapa suap," kata Yates dalam sebuah pernyataan. Berdasarkan data Worldometers, hingga kini pandemi Covid-19 sudah menjangkiti 108,3 juta warga dunia. Sebanyak 2,3 juta orang telah meninggal dunia akibat penyakit itu.

Reuters