Rekor Dunia, Satu Roket Bawa 143 Satelit Sekaligus ke Orbit Bumi

falcon heavy space x2
falcon heavy space x2 (Foto : )

Roket Falcon 9 milik SpaceX memecahkan rekor dengan membawa satelit terbanyak, yaitu mengangkut 143 satelit sekaligus dalam satu peluncuran ke orbit Bumi.

Peluncuran roket Falcon 9 berlangsung di Tanjung Canaveral, Florida, Amerika Serikat,  Minggu, (24/1/1/2021)/

Ada 143 satelit yang dibawa sekaligus oleh roket Falcon 9 ke orbit Bumi. Hal ini membuat Falcon 9 memecahkan rekor dunia sebagai roket yang membawa satelit terbanyak dalam satu peluncuran.

Dalam misi peluncuran yang diberi nama Transporter-1, Falcon 9 membawa 10 satelit untuk Starlink dan lebih dari 130 satelit milik berbagai lembaga.

Lembaga pengirim satelit itu antara lain Planet, yang mengoperasikan konstelasi pencitraan Bumi. Ada juga ICEYE,  lembaga yang mengembangkan radar kecil untuk memantau pergerakan es dan banjir.

Rekor mengangkut satelit terbanyak sebelumnya dipegang oleh PSLV, sebuah roket India yang membawa 104 satelit dalam peluncuran 2017 lalu.

Falcon 9 adalah roket dua tingkat yang dikembangkan SpaceX, yang dapat mengangkut muatan seberat 22.800 kilogram.

Sebagian komponennya  dapat digunakan kembali membuat biaya operasional roket ini lebih kompetitif dibanding roket-roket dari negara lain.

Dengan angka keberhasilan mencapai 94 dari total 96 kali peluncuran, Falcon 9 dijadikan SpaceX sebagai roket andalan dalam misi peluncuran rutin ke orbit Bumi.

CNN