KROSCEK: Masjid Istiqlal Tidak Adakan Salat Jumat karena Dikuasai PKI

FI
FI (Foto : )

Muncul pesan berantai yang menyebut Masjid Istiqlal tidak mengadakan salat Jumat lantaran sudah dikuasai oleh PKI.

Beredar di layanan aplikasi pesan singkat Whatsapp, yang berisi informasi bahwa Masjid Istiqlal Jakarta tidak mengadakan ibadah salat Jumat, karena sudah dikuasai oleh PKI. Berikut isi pesan selengkapnya yang beredar: Mau jadi apa negeri yang mayoritas Muslim ini ya Allah.. masjid Istiqlal Jakarta sudah dikuasai Syi’ah dan PKI… tidak diadakan lagi sholat Jum’at.

 Pesan yang beredar. Benarkah klaim sumber bahwa Masjid Istiqlal tidak mengadakan salat Jumat karena sudah dikuasai PKI? Berikut krosceknya. Penelusuran KROSCEK ANTVklik, lewat kanal YouTube @Masjid Istiqlal TV, diperoleh fakta bahwa Masjid Istiqlal masih melaksanakan ibadah salat Jumat. Dalam kanal Youtubenya, terdapat unggahan video berjudul “Shalat Jumat Masjid Istiqlal l Khatib Dr. H. Mulawarman Hannase, Lc., M.Hum. l 01012021” yang ditayangkan secara langsung pada Jumat 1 Januari 2021.  Video kanal @Masjid Istqlal TV, klik di sini Dalam running text tayangan, disebutkan bahwa Masjid Istiqlal memang belum dibuka untuk umum lantaran pandemi Covid-19.

Namun pelaksanaan ibadah salat Jumat sendiri masih tetap berjalan dengan ruang lingkup internal karyawan Masjid Istiqlal. Ibadah salat Jumat dilaksanakan dengan mematuhi prokotol kesehatan yang sudah ditetapkan oleh pemerintah. Kemudian terkait informasi Masjid Istiqlal tidak mengadakan sholat Jumat, memang sempat terjadi. Dalam penelusuran lewat mesin perambahan Google, ditemukan informasi yang dimuat situs nasional.kompas.com, dalam artikel berjudul “Masjid Istiqlal Tak Gelar Shalat Jumat hingga Dua Pekan, Ini Alasannya”, (20/3/2020) Dalam artikel disebutkan, Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar mengumumkan penutupan masjid tersebut untuk pelaksanaan ibadah shalat Jumat selama dua pekan mendatang.

Hal ini dilakukan sebagai upaya mencegah penularan Covid-19. "Setelah kami komunikasi dengan imam-imam besar di sejumlah negara Islam yang juga melakukan hal yang sama, maka barulah kami menetapkan bahwa hari ini untuk dua Jumat yang akan datang Masjid Istiqlal itu kita tak menggunakannya untuk shalat Jumat," ujar Nasaruddin dalam konferensi pers di Graha BNPB, Jumat (20/3/2020).

Nasaruddin menjelaskan, keputusan ini juga didasari oleh imbauan Presiden Joko Widodo serta imbauan dari Gubernur DKI Jakarta Anies . Dari kroscek dan penjelasan di atas dapat disimpulkan klaim  bahwa Masjid Istiqlal tidak mengadakan salat Jumat karena sudah dikuasai PKI adalah tidak benar alias hoaks.

Faktanya Masjid Istiqlal masih melaksanaan ibadah salat Jumat pada 1 Januari 2021 dengan khatib Dr. H. Mulawarman Hannase, dengan ruang lingkup internal karyawan Masjid Istiqlal. Ibadah salat Jumat dilaksanakan dengan mematuhi prokotol kesehatan yang sudah ditetapkan oleh pemerintah mencegah penyebaran Covid-19.