Borussia Dortmund Selangkah Lagi Lolos ke Babak Knock Out

Erling Haalard Jadon Sacho dan Reyna
Erling Haalard Jadon Sacho dan Reyna (Foto : )
Borussia Dortmund selangkah lagi lolos ke babak knock out. Die Borussen sukses memetik kemenangan ketiga usai menundukkan Club Brugge KV berkat dua gol Erling Haaland.
Borussia Dortmun menjamu wakil Belgia Club Brugge KV di lanjutan babak penyisihan Grup F Liga Champions yang digelar di Signal Iduna Park Rabu, 25 November 2020 di Dortmund, Jerman. Borussia Dortmund sukses memetik kemenangan 3-0 atas Club Brugge di Matchday ke 4 Liga Champions.Tiga gol kemenangan Borussia Dortmund disumbangkan oleh striker mudanya Erling Haaland yang mencatat brace pada menit ke-18’ dan 60’ dan satu gol lainnya disumbangkan oleh Jadon Sancho pada menit ke 45+1’.Dengan tambahan tiga point ini Die Borussen kokoh memimpin klasemen sementara Grup F Liga Champions dengan nilai 9 point dari 3 kali menang, dan sekali kalah. Dortmund unggul atas Lazio yang menduduki peringkat kedua dengan nilai 8 point dari 2 kali menang dan dua kali seri.Sementara Club Brugge tertahan langkahnya di peringkat ketiga dan semakin memperkecil peluangnya untuk bisa lolos ke babak 16 besar karena baru mengumpulkan 4 point dari 1 kali menang sekali seri dan 2 kali menelan kekalahan. Zenit St Petersburg dari Rusia menjadi juru kunci Grup F dengan catatan terburuk sekali seri dan 3 kali kalah dari 4 pertandingan.Borussia Dortmund menjamu Club Brugge dari Belgia di matchday keempat Grup F Liga Champions Rabu (25/11/2020) dini hari WIB. Bermain di kandang sendiri Dortmund tampil perkasa di Signal Iduna Park, Dortmund, Jerman. Sejak menit pertama, tuan rumah memberondong lini belakang Club Brugge dengan ancaman dari striker berbahaya Erling Braut Haaland yang mendapat dukungan tiga gelandang serangan Jadon Sancho, Thorgan Hazard dan Giovanni Reyna.Haaland menjadi aktor utamanya. Penyerang 20 tahun itu berkali-kali membuat area pertahanan Club Brugge kocar-kacir. Haaland akhirnya bisa membawa Dortmund memimpin sejak menit ke-18’. Memanfaatkan sodoran Giovanni Reyna ke kotak penalti, dengan tenang Haaland berhasil meneruskan bola masuk ke gawang Club Brugge yang dikawal kipper Simon Mignolet dengan sepakan kaki kirinya. Skor berubah menjadi 1-0 untuk Dortmund.Unggul 1-0 tidak mengendurkan serangan pasukan Dortmund yang dilatih Lucien Favre. Gempuran Die Borussen akhirnya melahirkan gol kedua pada akhir menit babak pertama. Kali ini giliran Jadon Sancho yang sukses menaklukkan kipper Simon Mignolet. Pemain asal Inggris itu mencetak gol lewat tendangan bebas dan merubah papan skor menjadi 2-0 sekaligus menutup babak pertama.[caption id="attachment_405386" align="alignnone" width="900"]
Borussia Dortmund vs Club Brugge 3-0 Tiga gol kemenangan Borussia Dortmund disumbangkan oleh striker mudanya Erling Haaland yang mencatat brace pada menit ke-18’ dan 60’ dan satu gol lainnya disumbangkan oleh Jadon Sancho pada menit ke 45+1’. (Foto : Blorussia Dortmund)[/caption]Memasuki babak kedua Borussia Dortmund langsung memberi tekanan ke lini pertahanan Club Brugge. Haaland dan Sancho masih menjadi ancaman serius bagi lini pertahanan Club Brugge yang dikawal tiga beknya Simon Deli, Odilon Kossounou dan Clinton Mata.Pelatih Club Brugge Philippe Clement yang sudah menumpuk 5 pemain gelandang di lini tengah untuk memberikan dukungan kepada duet striker Michael Krmencik dan Noa Lang tetap kesulitan membangun serangan. Clement mengganti gelandang kiri Eder Balanta pada menit 52' dan memasukkan Mats Rits untuk menambah daya serang dari sayap kiri.Namun serangan berbahaya Dortmund justru kembali berhasil menggetarkan gawang Simon Mignolet untuk ketiga kalinya. Gol ketiga Dortmund lahir pada menit ke-60’ dari hasil tendangan Haaland setelah memanfaatkan kepanikan lini belakang Club Brugge.Menerima bola liar hasil kesalahan Ruud Vormer, Haaland langsung meneruskan bola dengan sepakan kaki kirinya. Bola tendangan keras Haalard bersarang ke pojok kiri gawang Club Brugge. Haalard lagi-lagi mencatatkan namanya di papan skor untuk mencatat brace dan merubah skor menjadi 3-0.Disisa pertandingan Dortmund terus memberondong lini belakang Club Brugge dengan berbagai peluang. Haaland, Thorgan Hazard, hingga Mats Hummels punya kans menjebol gawang Club Brugge, namun pertahanan skuat asuhan Clement kali ini lebih rapat sehingga peluang Dortmund tidak mampu menghadirkan gol keempat.Hingga pertandingan berakhir skor 3-0 untuk keunggulan tuan rumah tetap bertahan. Dortmund menang 3-0 atas Club Brugge. Kemenangan membuat Dortmund memimpin klasemen Grup F dengan 9 poin, diikuti Lazio (8), Club Brugge (4), dan Zenit St. Petersburg (1).  Susunan Pemain Borussia Dortmund vs Club BruggeBorussia Dortmund: 4-2-3-1 Buerki, Meunier (Morey 73'), Guerreiro, Akanji, Hummels, Bellingham, Delaney (Can 72'), Sancho, Hazard, Reyna (Brandt 81'), Haaland (Reus 81')