Perkenalkan Olde, Penguin Tertua di Dunia, Segini Usianya

penguin tertua
penguin tertua (Foto : )

Seekor penguin yang menghuni kebun binatang di Denmark dinobatkan jadi penguin tertua di dunia. Namanya masuk dalam buku rekor dunia Guinness. Olde, demikian nama penguin penghuni kebun binatang Odense, di Denmark, tercatat dalam buku rekor Guinness sebagai penguin tertua di dunia. Dalam situs buku rekor Guinness, diungkapkan bagaimana Olde bisa bertahan hidup lebih lama di penangkaran.

Biasanya,  hewan akuatik jenis burung tak tak dapat terbang ini memiliki usia maksimal antara 15-20 tahun di alam liar. Sementara di penangkaran, usia penguin bisa mencapai 30 tahun. Namun berbeda dengan Olde yang diklaim sebagai penguin tertua di dunia karena usianya sudah mencapai 41 tahun. Buku rekor Guinness juga membagikan arti dari nama Olde.

Dalam bahasa Denmark, Olde berarti nenek moyang. Disebutkan, Olde mulai menghuni kebun binatang Odense pada 2003. Sejak saat itu penguin ini diasuh oleh petugas Sandie Munck dan Mette Heikel. Sementara pihak kebun binatang menyebut, sebagai Olde tergolong sebagai penguin yang pendiam dan tenang.

Mengingat usianya yang sudah uzur, Olde diberikan porsi makanan ikan secara terpisah. Bulunya juga sudah tidak kedap air lagi sehingga tidak dapat berenang seperti penguin lainnya. Meski demikian para petugas kebun binatang tetap memberinya pancuran air secara teratur. Olde telah memiliki belasan keturunan dan sudah menjadi nenek buyut penguin di kebun binatang ini. Berikut video Olde yang dibagikan buku rekor dunia Guinness: Hindustan Times