Thamrin, Tokoh Betawi Campuran Inggris Kini Tinggal Nama

Thamrin, Tokoh Betawi Campuran Inggris Tinggal Nama
Thamrin, Tokoh Betawi Campuran Inggris Tinggal Nama (Foto : )
Thamrin yang bernama lengkap Mohamad Hoesni Thamrin adalah seorang tokoh Betawi yang juga politisi. M.H. Thamrin kemudian dianugerahi gelar pahlawan nasional dan namanya diabadikan sebagai nama jalan protokol di Jakarta. Ini beberapa data yang perlu Anda ketahui.
Pada tanggal 11 Januari 1941 Mohamad Hoesni Thamrin wafat pada usia 47 tahun kurang sebulan, setelah sakit beberapa waktu lamanya.[caption id="attachment_354635" align="alignnone" width="900"]
Thamrin, Tokoh Betawi Campuran Inggris Tinggal Nama Foto: Instagram @darihalte_kehalte[/caption]Sebelum wafatnya, Thamrin menerima perlakuan kasar dari pemerintah kolonial Belanda. Tahanan Rumah Rumahnya digeledah polisi-polisi rahasia Belanda (Politieke Inlichtingen Dienst - PID). Thamrin dituding mengatur gerakan anti pemerintah kolonial diam-diam melalui organisasi Gabungan Politik Indonesia (GAPI).Rumah Thamrin dijaga ketat oleh PID dan tak seorangpun diijinkan meninggalkan rumah. Bahkan, anak perempuan Thamrin tidak diijinkan pergi ke sekolah. Rumah ini menjadi penjara. Bunuh Diri?