Indonesia Butuh 340 Juta Vaksin Covid-19, Tapi Siapa Dapat Vaksin Lebih Dulu?

vaksin Covid-19 reuters
vaksin Covid-19 reuters (Foto : )
Pemerintah menyebut Indonesia butuh 340 juta vaksin Covid-19. Namun jika vaksin sudah tersedia nanti, siapa yang akan dapat lebih dulu?
Menko Perekonomian Airlangga Hartanto mengatakan, Indonesia butuh 340 juta vaksin Covid-19 untuk 170 juta orang. Ini dengan asumsi setiap orang mendapat dua ampul vaksin."Apabila 170 juta masyarakat, maka butuh minimal terkena dua kali shot. Jadi, minimal kita butuh 340 juta vaksin," kata Airlanga seperti dilansir Antara.Ia menyebut, pengadaan vaksin Covid-19 di dunia dilakukan melalui relaksasi intellectual property rights yaitu bagi negara yang menemukan terlebih dahulu, maka dapat berbagi dengan negara lain."Siapa yang menemukan terlebih dahulu bisa sharing dengan negara lain, sehingga bisa melakukan co-production," katanya.Sementara, untuk pembuatan dan pemenuhan vaksin dalam negeri, kata Airlangga, sudah dilakukan kerjasama antara BUMN dengan beberapa perusahaan di Korea."Sesuai arahan Bapak Presiden yang meminta kita untuk mengutamakan kerja sama dengan negara yang penduduknya relatif lebih kecil dari kita," katanya.Airlangga menjelaskan, kerja sama tidak mungkin dilakukan dengan negara berpenduduk lebih banyak dari Indonesia karena negara itu pasti akan mementingkan pasokan untuk negaranya dulu."Mereka mempunyai kebutuhan sendiri seperti India atau China yang punya
demand lebih dari satu miliar, maka otomatis mereka akan mementingkan negaranya masing-masing," jelasnya.Airlangga menyebut, negara berpenduduk lebih sedikit dari Indonesia seperti Korea, Prancis, dan Denmark merupakan mitra ideal karena mereka membutuhkan pasar yang besar.Sementara itu, Menteri Riset dan Teknologi Bambang Brodjonegoro menyebut, Indonesia butuh sekira 250 juta sampai 300 juta vaksin Covid-199 jika ingin vaksinasi terhadap dua per tiga dari total penduduk Indonesia.Namun jika vaksin sudah diproduksi massa, siapa yang akan mendapat lebih dulu?

Tantangan Produksi Massal 

Saat ini ada 120 laboratorium di seluruh dunia sedang mengembangkan vaksin Covid-19. Sejumlah kandidat vaksin terdepan sudah mulai masuk ke tahap pengetesan ke manusia.