Bolehkah Tidak Puasa Saat Wabah Virus Corona? Ini Penjelasanya

Bolehkah Tidak Puasa Saat Wabah Virus Corona? Ini Penjelasanya
Bolehkah Tidak Puasa Saat Wabah Virus Corona? Ini Penjelasanya (Foto : )
Bolehkah tidak puasa saat wabah virus corona? Sebaris kalimat tanya itu bikin geger dunia maya dengan cuitan akun Twitter @kurawa terkait permintaanya kepada Majelis Ulama Indonesia (MUI) atau Kementerian Agama (Kemenag) bisa mengeluarkan fatwa tidak berpuasa di saat ada virus corona baru (covid-19).
Cuitan yang dibagikan pada 5 April 2020 lalu, kontan membuat kontroversi karena terkait hukum Agama Islam (Fiqih) dan juga terkait latar belakang si pemilik akun
@kurawa itu yang diketahui bernama Rudi Valinka yang tak lain adalah pendukung setia Basuki Tjahaya Purnama alias Ahok dan penulis buku ‘A Man Called Ahok’. “Gue punya usul seandainya Bulan puasa yang akan tiba 17 hari lagi, kemenag dan MUI buat fatwa utk memperbolehkan orang tidak berpuasa,” cuit relawan Jokowi, Rudi Valinka di akun Twitter-nya @kurawa, Minggu (5/4/2020).Menurut Rudi orang yang tidak berpuasa di saat corona hanya dengan membayar fidyah (denda). “Orang tidak berpuasa dengan cara membayar Fidyah (denda) memberikan makan utk orang miskin.. ini cara yang paling ideal dalam kondisi sekarang,”