Bakamla Amankan 47 TKI dari Malaysia yang Ingin Pulang Lewat Jalur Tikus

bakamla amankan tki
bakamla amankan tki (Foto : )
Bakamla berhasil mengamankan 47 TKI asal Malaysia di perairan Nongsa, Tanjung Mata Ikan, Batam, Kepulauan Riau. Mereka mencoba kembali pulang ke Indonesia secara tidak resmi lewat jalur tikus.
Kejadian berawal ketika kapal Badan Keamanan Laut (Bakamla) sedang patroli di perairan Selat Riau. Saat menyisir sekitar Pantai Nongsa sekira pukul 00.00 WIB, Rabu (15/4/2020), petugas melihat ada sekelompok orang di pinggir pantai.Pada saat bersamaan, sebuah kapal cepat keluar dari Pantai Nongsa. Petugas kemudian mendekati sekelompok orang yang diduga pekerja migran yang baru pulang dari Malaysia.Lantaran ada sebagian warga yang menolak keberadaan pekerja migran itu, petugas Bakamla akhirnya mengevakuasi mereka ke Pangkalan Armada Keamanan Laut Barat Barelang dengan Kapal Catamaran 508.[caption id="attachment_308248" align="alignnone" width="900"]
Petugas periksa suhu tubuh para pekerja migran (Foto: Istimewa)[/caption]Setibanya di pangkalan, seluruh pekerja migran diperiksa suhu tubuhnya dan dilakukan penyemprotan disinfektan. Hasil pemeriksaan, suhu tubuh mereka dalam keadaan normal.Saat didata, ada 47 pekerja migran dengan tujuan berbeda-beda. Sebagian besar tujuan Lombok, NTB dan sisanya ke Aceh dan Cilacap, Jawa Tengah.Selanjutnya ke-47 TKI tersebut akan diserahkan ke aparat gabungan agar bisa masuk Indonesia melalui pelabuhan resmi. Mereka semua akan protokol kesehatan yg sudah ditetapkan sehingga bisa mencegah penyebaran covid-19. (*)