Restaurant Bebek Protol Pak Broto Bikin Ketagihan

Hana Qosim
Hana Qosim (Foto : )
Gegara satu keluarga Broto tak suka makan bebek, “sang buyut” mengolah bebek protol menjadi menu makanan paling disukai pengunjung restaurant. Soal Harga tak perlu khawatir, masih terjangkau untuk semua kalangan.
Jika kebetulan Anda berada di Solo, jangan lupa melipir ke Jalan KH Samanhudi No: 43 Mangkuyudan, Solo, enaknya sih pas jam makan siang. Di situ Anda akan bertemu dengan sebuah restaurant bebek dan ayam protol Pak Broto.Sebuah restaurant yang menyediakan bebek dan ayam sangat lunak, sehingga Anda tak perlu repot melepaskan tulang-tulangnya. Apalagi, Bebek & ayam protol ini dibalut bumbu ireng dan sambal bawang khas Pak Broto, yang dijamin bikin ketagihan. Selain menu tersebut, restaurant pinggir jalan ini juga menyediakan tempe mendoan, terong dan petai.[caption id="attachment_278229" align="alignnone" width="900"]
Restaurant bebek dan ayam protol Pak Broto ramain pengunjung.(Foto:antv/istimewa) Restaurant bebek dan ayam protol Pak Broto ramain pengunjung.(Foto: ANTV/istimewa)[/caption]Adalah Hana Qosim, artis dan presenter cantik dibalik kesuksesan restaurant Bebek dan ayam Pak Broto. Menurut model iklan beberapa operator seluler ini, nama Pak Broto diambil dari nama buyutnya Brotowiryatman.“Menurut orang tua saya, dulu keluarga kami tidak suka makan bebek. Lalu buyut kami memasak bebek dengan sangat lunak, teksturnya lembut dan tidak amis sama sekali, sehingga kami mengira bebek itu ayam. Sejak itulah kami suka bebek,” kata Hana, kepada Antvklik.Lalu kenapa disebut ayam protol? Menurut presenter Topik Terkini ANTV ini, karena bebek dan ayam yang dimasak begitu lunak. “Namanya juga bebek dan ayam protol, yang dalam bahasa Jawa berarti lepas, jadi tulangnya protol gitu loh. Ndak perlu susah payah misah –misahin daging dengan tulangnya,” kata cewe supel itu.[caption id="attachment_278230" align="alignnone" width="900"] Menu andalan Restaurant bebek dan ayam protol Pak Broto bikin ketagihan.(Foto:ANTV/istimewa) Menu andalan Restaurant bebek dan ayam protol Pak Broto bikin ketagihan.(Foto:ANTV/istimewa)[/caption]Restaurant yang buka sejak pukul 10:00 hingga 22:00 Wib itu juga menyediakan aneka minuman mulai dari teh manis, es teh, es sirup, es jeruk dan jenis minuman lainnya dari harga Rp3 ribu sampai Rp5 ribu. Harganya dijamin bersahabat bagi pengunjung.Untuk harga Ayam protol campur (campuran daging ayam, rempelo ati, kepala) dan nasi nasi Rp12.500 sampai Rp17.000. Sedangkan untuk menu paket bebek berkisar dari Rp15.000 hingga Rp23.000Restaurant yang baru berdiri 17 Januari lalu itu, sangat digemari pengunjung yang rata-rata dari kalangan anak kuliah dan keluarga. Maklum restaurant ini mempunyai konsep millennials, dan modern rata – rata dikelola oleh anak muda. “Semua pegawainya dari Solo dan anak-anak muda. Setiap hari restaurant dikunjungi seratus hingga empat ratusan orang sehari,” kata Hana.