Ini Dia Makanan Yang Dapat Mengobati Depresi

Ini Dia Makanan Yang Dapat Mengobati Depresi
Ini Dia Makanan Yang Dapat Mengobati Depresi (Foto : )
'Masih banyak yang belum tahu bahwa makanan terntentu dapat mengobati orang dengan masalah kejiwaan seperti depresi dan gangguan kecemasan"
Anda adalah apa yang anda makan. Mungkin pepatah tersebut ada benarnya, karena apa yang kita makan tidak hanya mempengaruhi kesehatan tubuh saja, namun juga mempengaruh suasana hati yang akan berdampak pada kesehatan jiwa kita. Misalnya, mengkonsumsi coklat tidak hanya sehat untuk tubuh, namun juga dapat mengurangi kadar hormon stres kortisol, dan menurunkan tekanan darah yang memicu perasaan tenang dan bahagia.Kita semua tahu bahwa makanan yang sehat adalah makanan yang baik bagi kesehatan fisik dan jiwa. Tapi mungkin belum banyak yang tahu bahwa ada makanan tertentu yang dapat menguransi risiko sejumlah penyakit, termasuk penyakit kejiwaan seperti depresi. Hasil penelitian American Journal of Public Health menyebutkan bahwa terdapat hubungan antara diet dengan kesehatan jiwa. Penelitian yang dilakukan menemukan anak-anak dan dewasa yang melakukan diet tidak baik, akan berujung pada pembentukan gejala gangguan kesehatan jiwa, seperti depresi dan kecemasan.Belakangan ini ada kemajuan penelitian terkait pengaruh makanan tertentu terhadap kesehatan jiwa. Meningkatkan konsumsi makanan kaya nutrisi tidak hanya dapat memperbaiki kesehatan fisik saja, namun membantu pengobatan masalah kejiwaan yang marak terjadi. Berikut makanan-makanan yang dapat membantu mengurangi gejala depresi:
Sayuran Hijau Manfaat sayuran hijau untuk kesehatan sudah tidak diragukan lagi, karena sayuran ini kaya akan kandungan vitamin dan mineral. Asam amino yang terdapat dalam sayuran hijau sangat berpengaruh terhadap produksi hormone yang mengendalikan suasana hati seseorang. Menurut sebuah studi yang diterbitkan dalam JAMA Psychiantry, depresi berat telah dikaitkan dengan peradangan otak.Kandungan vitamin A,C, E, K, mineral dan phytochemical yang terdapat dalam sayuran hijau ini, dipercaya dapat membantu meningkatkan fungsi otak dan kesehatan mental secara keseluruhan. Selain itu, radikal bebas yang diproduksi dalam tubuh kita berkontribusi pada kerusakan sel, penuaan, dan disfungsi organ. Studi menunjukkan bahwa otak sangat berisiko untuk kerusakan radikal bebas. Antioksidan seperti beta karoten dan vitamin C dan E berfungsi memerangi efek radikal bebas. Alpukat Alpukat mengandung lemak sehat yang diperlukan otak Anda agar dapat berfungsi sempurna. Tiga perempat dari total kalori alpukat berasal dari lemak yang sebagian besarnya adalah lemak jenuh tunggal dalam bentuk asam oleat. Alpukat juga kaya akan oleh glutathione, suatu zat yang secara khusus memblokir penyerapan lemak tertentu dalam usus yang menyebabkan kerusakan oksidatif. Alpukat pada umumnya juga kaya akan protein, lebih tinggi dari buah-buahan lainnya. Sumber makanan berprotein tinggi kaya akan asam amino tryptophan, yang dapat membantu meningkatkan produksi serotonin sebagai hormon pengatur suasana hati. Buah Beri