Ini Alasan Bepe Gantung Sepatu dan Rencananya Usai Pensiun

Bambang Pamungkas atau Bepe usai memutuskan pensiun, pada Selasa (17 Desember) malam, di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta
Bambang Pamungkas atau Bepe usai memutuskan pensiun, pada Selasa (17 Desember) malam, di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta (Foto : )
Penyerang Persija Jakarta Bambang Pamungkas atau yang akrab disapa Bepe mengungkapkan alasan kenapa dirinya gantung sepatu dan rencananya usai memutuskan pensiun dari dunia sepak bola, pada Selasa (17 Desember) malam, usai Persija ditaklukkan Persebaya 1-2 dalam laga lanjutan Liga 1 Indonesia 2019 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta.
Bepe bertekad untuk meneruskan karier yang tidak jauh dari lapangan hijau. “Lihat nanti mau ke mana. Namun mungkin tidak jauh atau tidak terlalu dekat dengan sepak bola,” ujar Bambang di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta.Pria yang akrab disapa Bepe itu juga belum terpikir untuk mengambil lisensi pelatih seperti beberapa rekannya.“Saya pikir sampai saat ini saya belum tertarik untuk menggeluti itu, untuk  ambil lisensi seperti teman-teman saya. Ada sih kadang-kadang perasaan melihat ini sudah ambil seperti Maman, Ismed, tapi sejauh ini saya belum terpikir untuk menjadi pelatih,” tutur Bambang Pamungkas.Bepe menyebut dirinya masih ingin menikmati awal-awal masa gantung sepatunya dari dunia lapangan hijau. “Beberapa bulan ini saya mau bangun siang dahulu, lalu menikmati secangkir the panas tanpa gula,” kata dia.Sebagaimana diketahui, Bepe telah menginjak usia 39 tahun dan menjadi salah satu pesepakbola senior di Persija. Dengan usia yang sudah senja tersebut, tentu Bepe telah memiliki alasan kuat sebelum dirinya memutuskan pensiun.“Harus diakui bahwa badan saya sudah tidak merespons lagi. Tahun ini cedera yang saya alami dibandingkan dengan 10 tahun terakhir itu paling banyak tahun ini. Jadi saya merasa bahwa ini saat yang tepat. Persija juga kini punya Simic yang saya pikir one of the best striker terbaik saat ini.Jadi saya pikir tidak ada kekhawatiran bagi saya untuk pada akhirnya saya harus meninggalkan tim ini. Dan Ismed sendiri seperti teman-teman lihat masih bisa bermain 90 menit, masih sangat bisa diandalkan. Tadi saya sempat nulis di bajunya saya bilang jangan sedih boy, cari teman sekamar yang baru, mainlah sampai umur 50 tahun, itu tulisan saya di baju dia tadi, mari kita doakan sama-sama supaya Ismed bisa main sampai 50 tahun,” tandasnya.Bepe sudah membela Persija sebanyak empat kali sejak tahun 1999. Dia bermain 308 kali dan mencetak 151 gol untuk skuad berjuluk Macan Kemayoran itu.AFC mencatat, Bambang Pamungkas sudah 86 kali memperkuat tim nasional Indonesia dengan torehan 38 gol. Jumlah gol itu membuatnya menjadi penyerang tersubur timnas Indonesia sampai saat ini.