Ini Bukti Al-Quran Sangat Memuliakan Bunda Maria

Ini Bukti Bahwa Al-Quran Sangat Memuliakan Bunda Maria
Ini Bukti Bahwa Al-Quran Sangat Memuliakan Bunda Maria (Foto : )
Bunda Maria atau Maryam adalah perempuan agung yang paling sering disebut namanya dalam Al-Quran. Bahkan ada sebuah surat yang dinamai dengan namanya, yaitu surat Maryam. 
Dalam perspektif Islam, Bunda Maria atau yang lebih dikenal dengan nama Maryam adalah satu dari empat perempuan agung yang pernah hidup di dunia. Tiga lainnya adalah Aisyah istri Fir’aun, Khadijah istri Nabi Muhammad, dan Fatimah putri Nabi Muhammad. Maryam adalah satu-satunya wanita yang paling sering disebutkan namanya dalam Al-Quran. Selain itu, Maryam juga menjadi wanita yang Allah jamin kesucian dan kehormatannya.

Dan (ingatlah) ketika Malaikat (Jibril) berkata: ‘Hai Maryam, sesungguhnya Allah telah memilih kamu, mensucikan kamu dan melebihkan kamu atas segala wanita di dunia (yang semasa dengan kamu)’.” (QS. Ali Imran: 42)

Nama Bunda Maria atau Maryam tercantum sebanyak 34 kali dan tersebar dalam 11 surat. Bahkan ada sebuah surat dalam Al-Quran yang dinamai dengan nama Maryam, yaitu surat Maryam. Selain dalam surat Maryam, surat lain yang bercerita tentang  Maryam adalah surat Ali Imran, Surat Al Baqarah, An-Nisa, Al-Maidah, At-Taubah, Al-Mu’minum, Al-Ahzab, Al-Hadid, As-Saff, dan Surat At-Tahrim. Garis Keturunan Maryam Bunda Maria atau Maryam adalah seorang perempuan mulia yang terlahir dari garis keturunan yang juga mulia, yakni keluarga Imran. Dari keluarga Imran inilah lahir keturunan-keturunan shaleh yang banyak  menjadi para nabi. Paman Maryam juga merupakan seorang nabi, yakni Nabi Zakariya, yang anaknya juga diangkat menjadi nabi, yakni Nabi Yahya. Bahkan keluarga Imran juga menjadi salah satu nama surat dalam Al-Quran, yakni surat Ali Imran.

Sesungguhnya Allah telah memilih Adam, Nuh, keluarga Ibrahim dan keluarga ‘Imran melebihi segala umat (di masa mereka masing-masing), (QS Ali Imran:33)