Bendera 740 Meter Diarak Warga Nanggulan, Kulonprogo

Bendera 740 Meter Diarak Warga Nanggulan, Kulonprogo
Bendera 740 Meter Diarak Warga Nanggulan, Kulonprogo (Foto : )

Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, kini mereka mengarak bendera sepanjang 740 meter. Dibutuhkan 280 orang untuk berpartisipasi, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Dari lapangan Wijimulyo, seribu lebih orang berkumpul di satu tempat untuk memeriahkan karnaval Agustusan.

Maskot tahun ini adalah mengarak bendera merah putih sepanjang 740 meter yang lebarnya 2 meter. Untuk menyiapkan bendera merah putih sepanjang ini dibutuhkan waktu 2 bulan, mulai dari proses pembelian bahan, menjahit hingga menyambung menjadi satu lembaran kain yang panjang.

Untuk membawa bendera sepanjang ini juga tidak mudah karena membutuhkan setidaknya 280 orang agar dapat membentang rapi. Warga Nanggulan, Kulonprogo bersiap mengarak bendera sepanjang 740 meter. Dibutuhkan 280 orang untuk berpartisipasi.

Beranjak dari lapangan Wijimulyo, arak-arak bendera merah putih ini diarak menyusuri sepanjang jalan kabupaten Nanggulan-Kalibawang dan berakhir di lapangan Kembang Nanggulan yang berjarak hingga 4 kilometer. Karnaval 17 Agustus kali ini tercatat dalam sejarah Kecamatan Nanggulan sebagai karnaval terpanjang yang melibatkan 54 kelompok, tidak termasuk kelompok pengarak bendera merah putih.

Walau sempat membuat macet hingga ratusan meter namun masyarakat maupun pengguna jalan terhibur dengan karnaval unik tahun ini. Selain arak-arak bendera, kelompok masyarakat juga menampilkan drumband dan pasukan baris berbaris. Ari Wibowo | Kulonprogo, Yogyakarta