Gempa Magnitudo 5,2 Kulonprogo Getarannya Terasa Kuat hingga di Pacitan

Gempa Magnitudo 5,2 Kulonprogo Getarannya Terasa hingga di Pacitan
Gempa Magnitudo 5,2 Kulonprogo Getarannya Terasa hingga di Pacitan (Foto : antvklik-Agus Wibowo)

AntvGempa berkekuatan 5,2 SR berpusat di 126 Barat Daya Kulonprogo Daerah Istimewa Jogajakarta, dengan kedalaman 10 terjadi pada Jumat (17/3/2023), sekitar pukul 19:05:27 WIB.

Gempa yang berada di Koordinat: 8.89 Lintang selatan, 109.77 Bintang Tinur itu dari data BMKG idak berpotensi tsunami. Namun getaran gempa  ini terasa kuat di beberapa wilayah di Kabupaten Pacitan

"Kurang lebih 5 sampai 7 detik cukup terasa getarannya. Kita semua keluar rumah," terang Tugino, warga Desa Sumberharjo Kecamatan Pacitan Kota.

Erwin Adriatmoko, Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah Pacitan mengatakan memang getaran gempa sangat terasa di Pacitan. Hingga saat saat ini belum ada informasi terkait dampak gempa itu.

"Ya gempa yang terjadi terasa di Pacitan. Pihak BPBD Pacitan belum menerima laporan dampaknya. Petugas juga masih melakukan patroli untuk melihat langsung kondisi wilayah paska gempa," ujarnya.

Hasil analisis BMKG menunjukkan gempabumi ini memiliki parameter update dengan magnitudo 5,0.

Episenter gempabumi terletak pada koordinat 9,02° LS ; 109,75° BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 141 Km arah Barat Daya Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta pada kedalaman 43 km.