Tanah Amblas di Ancol, Sejumlah Rumah Rubuh dan Miring

Tanah Amblas di Ancol, Sejumlah Rumah Rubuh dan Miring
Tanah Amblas di Ancol, Sejumlah Rumah Rubuh dan Miring (Foto : )

Sejumlah rumah rubuh dan 3 lagi kondisinya miring akibat tanah amblas di bantaran Kali Ciliwung, RT 01 RW 08 Kelurahan Ancol, Pademangan, Jakarta Utara. Tanah amblas terjadi di lokasi longsor yang terjadi beberapa pekan lalu. Sebelum amblas, sedang ada pengerjaan turap yang dilakukan oleh Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI Jakarta. Namun pekerjaannya belum selesai, terjadi amblas di lokasi ini.

Sejumlah alat berat telah disiagakan di sekitar lokasi. Sementara Pembuatan turap ditargetkan selesai bulan Desember 2018. Kejadian tanah amblas ini, mengharuskan 6 Kepala Keluarga atau sebanyak 32 jiwa mengungsi ke tenda darurat yang didirikan di lapangan, tak jauh dari lokasi kejadian.

Ada juga sebagian warga yang memilih mengungs tinggal di rumah saudara mereka. Sementara terkait nasib dari warga yang terdampak, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, hingga kini, belum dapat memastikan apakah warga yang rumahnya terkena longsor akan diberi penggantian atau tidak.

Pemberian pengganti atau tidak ini menyusul dugaan bahwa mereka bukan tinggal di lahan sendiri. Rencananya Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan akan mengecek kondisi tanah warga yang amblas, termasuk legalitasnya.   Laporan Restu Wulandari dan Ahmad Junaidi dari Jakarta