Bunda Wajib Tahu! Tidak Semua Susu Sama, Pastikan Ada Kombinasi Zat Besi dan Vitamin

Bunda Wajib Tahu! Tidak Semua Susu Sama, Pastikan Ada Kombinasi Zat Besi dan Vitamin untuk Dukung Tumbuh Kembang Maksimal Anak
Bunda Wajib Tahu! Tidak Semua Susu Sama, Pastikan Ada Kombinasi Zat Besi dan Vitamin untuk Dukung Tumbuh Kembang Maksimal Anak (Foto : Istimewa)

Antv – Pemenuhan gizi seimbang pada anak sangat menentukan terwujudnya Generasi Emas 2045. Namun, permasalahan gizi seperti kekurangan Zat Besi masih menghantui anak-anak Indonesia.

1 dari 3 anak berusia di bawah 5 tahun di Indonesia mengalami anemia karena kekurangan zat besi. Bahkan, Indonesia termasuk dalam 5 negara dengan prevalensi anemia tertinggi di Asia Tenggara. 

Padahal, jika tidak ditangani dengan tepat, kekurangan Zat Besi bisa menjadi penyebab stunting yang berdampak negatif permanen pada perkembangan otak anak. 

Untuk itu, penerapan pola makan yang tepat sesuai pedoman gizi seimbang, termasuk memaksimalkan pemenuhan Zat Besi sangat diperlukan.

Salah satu upaya yang dapat dilakukan dengan menyediakan makanan dan minuman yang bersumber dari protein hewani seperti susu telur, ayam, daging sapi dan susu pertumbuhan yang diperkaya tinggi Zat Besi untuk mencegah anemia pada anak.

dr. Juwalita Surapsari, M.Gizi, Sp.GK - Pakar Gizi Klinik mengatakan, “Anemia dapat dicegah dengan memberikan asupan nutrisi yang tepat sesuai dengan pedoman gizi seimbang. Pastikan anak mendapatkan makanan yang bervariasi untuk mendapatkan gizi yang lengkap termasuk protein hewani yang kaya zat besi. Dalam pedoman gizi seimbang, susu yang juga sumber protein hewani bisa menjadi salah satu pilihan melengkapi asupan nutrisi Si Kecil sehari-hari.  ”

Namun, terjadi salah paham diantara orang tua bahwa semua jenis susu itu sama. Faktanya, beberapa jenis susu yang beredar di pasaran memiliki jumlah nutrisiyang berbeda.

Pastikan untuk memperhatikan isinya. Susu Pertumbuhan diperkaya dengan banyak nutrisi penting seperti Zat Besi, Vitamin C, DHA, Minyak Ikan untuk mengoptimalkan asupan nutrisi anak sesuai dengan tahap perkembangannya, sedangkan kebanyakan jenis susu lain di pasaran tidak dilengkapi dengan nutrisi penting sebanyak susu pertumbuhan.

“Penting bagi orang tua untuk memilih susu yang tepat, karena tidak semua susu itu sama.,. Pilih susu pertumbuhan yang mengandung Zat Besi, dan dikombinasikan dengan vitamin C, karena kombinasi Zat Besi dan Vitamin C dukung penyerapan Zat Besi 2x lipat. Pastikan juga pilih susu pertumbuhan yang dilengkapi DHA, Minyak Ikan, agar anak tumbuh maksimal,” tambah dr. Juwalita.

Dr. dr. Ray Wagiu Basrowi, MKK., Medical & Scientific Affairs Director Sarihusada mengatakan, “Sarihusada terus berkomitmen untuk ikut berkontribusi dalam upaya meningkatkan kualitas kesehatan anak Indonesia serta mendukung upaya pemerintah untuk mewujudkan generasi emas Indonesia 2045. Kami memahami bahwa kesehatan anak Indonesia masih perlu menjadi perhatian serius oleh semua pihak, di antaranya kekurangan besi yang menjadi salah satu faktor penyebab stunting. Jika tidak ditangani dengan tepat, permasalahan kesehatan gizi ini dapat berpotensi mengganggu kesehatan fisik dan aspek kognitif anak hingga dewasa.”

Dengan komitmen membawa kesehatan melalui inovasi produk nutrisi ke sebanyak mungkin masyarakat Indonesia, Sarihusada terus menghadirkan beragam inovasi produk bernutrisi tepat yang disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat Indonesia.