Kisah Misteri Mbah Sholeh, Tukang Sapu Masjid Ampel, Meninggal Dunia 9 Kali, Dimakamkan 9 Kali

Kisah Misteri Mbah Sholeh, Tukang Sapu Masjid Ampel, Meninggal 9 Kali
Kisah Misteri Mbah Sholeh, Tukang Sapu Masjid Ampel, Meninggal 9 Kali (Foto : Istimewa)

Antv – Masjid Ampel tak asing lagi bagi umat Islam Indonesia, khususnya Surabaya, Jawa Timur, karena peninggalan Sunan Ampel itu jadi salah satu pusat penyebaran Islam kala itu.

Banyak cerita unik yang melekat pada masjid ini. Selain cerita Mbah Bolong yang bisa melihat Ka'bah hanya dengan melubangi pengimaman masjid tersebut. Ada juga kisah Mbah Sholeh, tukang sapu masjid yang meninggal 9 kali.

9 makam yang terletak di samping Masjid Ampel pun kesemuanya merupakan makam Mbah Sholeh, karena dikabarkan Mbah Sholeh meninggal dunia 9 kali.

Kisah karomah Mbah Sholeh yang diawali tuah Sunan Ampel pun menyeruak populer.

Kisahnya begini, Mbah Sholeh dulunya adalah santri Sunan Ampel. Beliaulah yang paling rajin membersihkan Masjid Ampel.

Lantai masjid menjadi kinclong, tempat berwudu bersih, pekarangan masjid pun bersih. Hari berganti bulan. Bulan berganti tahun.

Hingga akhirnya Mbah Sholeh meninggal dan dimakamkan di samping Masjid Ampel, Surabaya.

Setelah itu, Masjid Ampel menjadi kurang terurus dan kotor. Lantai masjid pudar kinclongnya, karena tidak ada sosok santri merangkap Marbot serajin Mbah Sholeh.

Ini membuat Sunan Ampel galau. Hingga pada suatu malam Sunan Ampel berkeluh kesah, “Kalau saja Mbah Sholeh masih hidup, pasti masjid bersih.”

Ajaib! Tak disangka ucapan Sunan Ampel mawujud. Keesokan hari, masjid kembali kinclong. Bahkan sosok serupa Mbah Sholeh kembali pula hadir.

Menjalankan rutinitas yang tiap hari dilakukan Mbah Sholeh. Masjid Ampel kembali terawat dan bersih.

Ampuh! Demikian kata masyarakat merespon tuah sonteng atau sabda Sunan Ampel.

Sosok serupa Mbah Sholeh ini tak lama kemudian meninggal dan dimakamkan di samping Mbah Sholeh sebelumnya.

Demikian berulang lagi dan lagi hingga sembilan kali. Setiap Mbah Sholeh meninggal, selalu dimakamkan di samping makam Mbah Sholeh yang sebelumnya.

Karena meninggal hingga 9 kali, maka makamnya yang ada di samping Masjid Ampel pun ada 9.

Menurut cerita, Mbah Sholeh baru benar-benar meninggal setelah Sunan Ampel wafat.

Tentang Mbah Sholeh, ada pula yang percaya bahwa sosok-sosok yang hadir setelah Mbah Sholeh pertama bukanlah Mbah Sholeh yang sudah meninggal. Melainkan orang-orang yang khusus menyantri sebagai marbot. Dan mereka dijuluki atau dinamai Mbah Sholeh.

img_title
Ziarah Makam Mbah Sholeh. (Foto: Istimewa)


Namun, siapapun itu, kisah Mbah Sholeh dan sembilan kuburan itu masih langgeng hingga kini. Bahkan, banyak orang yang berziarah, terutama Masjid Ampel didirikan pada abad ke-18 sekitar 1430 Masehi.