Jangan Asal, Ini 6 Langkah Membuat Kentang Goreng yang Renyah dan Enak

Ilustrasi kentang goreng
Ilustrasi kentang goreng (Foto : pixabay/StockSnap)

AntvKentang goreng jadi salah satu makanan yang paling banyak digemari saat ini. Makan ini adalah kentang yang dipotong menjadi potongan panjang dan tipis, kemudian digoreng hingga renyah dan dibumbui dengan garam, bumbu, dan rempah-rempah sesuai selera. Biasanya cemilan ini disajikan dengan saus atau saus pilihan.

Asal-usul kentang goreng ini sering diperdebatkan dan sulit untuk ditentukan di mana camilan renyah ini pertama kali dibuat dan disajikan. Ada yang menyebut kentang goreng berasal dari Belgia, bukan Prancis. 

Makanan cepat saji modern ini pertama kali muncul pada tahun 1680 di Namur, Belgia yang penduduknya sangat menyukai ikan goreng. Namun, selama musim dingin ketika Sungai Meuse membeku, penduduk setempat tidak bisa mendapatkan ikan favorit mereka. 

Kondisi itu membuat mereka memotong kentang dan menggorengnya sebagai pengganti ikan kecil. Lalu tentara Amerika yang ditempatkan di wilayah berbahasa Prancis itu pada Perang Dunia I mulai menamai makanan tersebut dengan kata French Fries. Namun, banyak ahli kuliner yang meragukan cerita ini. 

"Kentang goreng adalah permaisuri dari masakan jalanan, Itulah sebabnya sangat sulit untuk menetapkan asal-usulnya," kata sejarawan kuliner Madeleine Ferriere.

Di Indonesia, kentang goreng juga banyak dijual di restoran cepat saji atau cafe. Bagi anda yang mencoba membuat kentang goreng di rumah, berikut 5 tips untuk membuat kentang goreng yang renyah dan enak:

1. Pilihlah kentang yang tepat, yaitu kentang dengan tekstur tepung. Kentang jenis ini memiliki kandungan pati yang tinggi dan kadar gula yang rendah, sehingga menghasilkan kentang goreng yang renyah. Pilihlah kentang berukuran besar dan berbentuk lonjong agar mendapatkan kentang goreng yang panjang dan enak.