Mengenal Nitrogen Cair dalam Jajanan Viral Chiki Ngebul

Gambar ilustrasi
Gambar ilustrasi (Foto : Freepik)

Antv – Belakangan ini, jajanan chiki ngebul menjadi viral lantaran memunculkan keresahan publik usai memakan korban, yang kebanyakan adalah anak-anak. Mayoritas korban mengalami kebocoran di lambung setelah mengonsumsi chiki ngebul tersebut.

Setelah diusut, rupanya chiki itu mengandung nitrogen cair yang berbahaya bagi tubuh, sehingga akhirnya pihak Kementerian Kesehatan mengeluarkan surat edaran terkait bahayanya mengonsumsi jajanan Chiki ngebul ini.

Lantas, apa sebenarnya nitrogen cair yang dimaksud? Serta seberapa bahayanya bagi tubuh? Untuk mengenal lebih dalam mengenai zat tersebut, simak pembahasan di bawah ini yang telah dilansir dari laman Safeopedia pada Senin, 9 Januari 2023.

Apa itu Nitrogen Cair (LN2)?

img_title
Gambar Ilustrasi. (Foto: Ilustrasi-Pixabay)

Nitrogen cair (LN2) adalah cairan kriogenik yang sangat dingin, lembab, tidak berwarna, tidak berbau, tidak mudah terbakar, dan tidak korosif.

Atmosfer kita terdiri dari 78% volume nitrogen. Di bawah tekanan tinggi, nitrogen menjadi nitrogen cair, cairan kriogenik dengan titik didih -320,5°F (-195,8°C). 

Nitrogen cair memiliki berbagai kegunaan dalam industri medis dan farmasi. Namun, harus ditangani sesuai dengan prosedur keamanan yang tepat karena berbahaya bagi kesehatan dan dapat mengakibatkan luka bakar atau kerusakan jaringan yang luas.

Penggunaan Nitrogen Cair

Nitrogen cair biasanya digunakan di berbagai industri seperti dirgantara, minyak dan gas, makanan dan minuman, fabrikasi logam, dan bioteknologi.

Dalam industri farmasi, nitrogen cair digunakan untuk mengontrol suhu dalam aplikasi pendinginan reaktor dan untuk mengawetkan sampel biologis.

Dalam industri medis, nitrogen cair digunakan untuk berbagai tujuan, antara lain:

  • Mengawetkan darah, sel sumsum tulang, sperma, ovum, dan materi biologis lainnya
  • Mengawetkan bakteri dan jamur di laboratorium
  • Sebagai bagian dari cryosurgery, seperti menggunakan pisau bedah super dingin untuk menghilangkan jaringan kanker
  • Dalam prosedur dermatologis, untuk membekukan pertumbuhan jinak

Bahaya Terkait dengan Nitrogen Cair

img_title
Gambar ilustrasi. (Foto: Pexels/Sora Shimazaki)

Langkah-langkah keamanan yang sesuai dan alat pelindung diri (APD) harus digunakan untuk memastikan keamanan maksimal saat menangani nitrogen cair.

Beberapa bahaya yang terkait dengan cairan kriogenik meliputi yang berikut ini.

1. Sesak napas

Saat menguap, nitrogen cair dapat mengembang 695 kali volumenya dan menggantikan oksigen di atmosfer sehingga menimbulkan risiko sesak napas. Saat menggunakan cryogen di dalam ruangan, ruangan harus berventilasi baik.

2. Penumpukan dan Ledakan Tekanan

Jika wadah kriogenik tidak memiliki ventilasi yang memadai atau perangkat pelepas tekanan, tekanan dapat terbentuk pada penguapan kriogen.

3. Ekstrim Dingin

Uap nitrogen cair dapat dengan cepat membekukan jaringan kulit dan cairan mata, dan menghasilkan efek yang mirip dengan luka bakar (disebut luka bakar dingin) pada kulit. Benda yang terkena nitrogen cair menjadi sangat dingin, dan daging yang bersentuhan dengannya dapat robek.

4. Pengayaan Oksigen

Saat mentransfer nitrogen cair, oksigen di udara di sekitar sistem penahanan kriogen dapat larut, menciptakan lingkungan yang diperkaya oksigen saat sistem kembali ke suhu sekitar. Karena oksigen cair menguap lebih lambat daripada nitrogen, ia dapat menumpuk hingga tingkat yang dapat menyebabkan bahan di sekitarnya mudah terbakar seperti pakaian.

Itu tadi beberapa penjelasan mengenai Nitrogen Cair yang terkandung di dalam chiki ngebul yang viral.