Mau Pakai Cadar? Simak Dulu Penjelasan Buya Yahya Mengenai Hukum dan Syaratnya

Buya Yahya
Buya Yahya (Foto : YouTube: Al-Bahjah TV)

Antv –Sebagai seorang muslimah, tentunya menutup aurat adalah hal yang wajib. Dimana aurat sendiri adalah bagian tubuh yang ditutup dengan pakaian agar menghindari pandangan dari orang lain, terutama lawan jenis.

Menutup aurat diidentikkan dengan mengenakan jilbab dan baju yang longgar agar lekuk tubuh tak dapat terlihat. Namun, tak jarang juga yang mengenakan cadar atau niqab agar semakin sempurna dalam niatnya menghindari pandangan dari lawan jenis.

Saat Buya Yahya menyampaikan tausyiahnya, kemudian seseorang bertanya mengenai cadar. Ia bertanya mengenai rintangannya selama mengenakan cadar.

“Kita sebelumnya belum pakai cadar dan setelah pakai cadar itu ada juga rintangan dari keluarga, seperti sebelumnya kita tidak pakai cadar, dengan ipar, dengan menantunya saudara, jadi kita suruh jangan pakai cadar kepada mereka, karena dari kecil sudah kumpul dengan kita. Lalu yang kedua kita mau silaturahmi ke sebuah keluarga yang ada di Jawa, jadi kita diperbolehkan masuk kalau kita lepas cadar. Jadi bagaimana itu Buya?” tanya seseorang dilansir dari kanal Youtube Al-Bahjah TV, Rabu, 7 Desember 2022.

Kemudian Buya Yahya pun menjelaskan bahwa keutamaan mengenakan cadar adalah istiqomah, yaitu niat karena Allah.

“Istiqomah itu dari niat yang kuat, Anda niat beristiqomah menggunakan cadar karena Allah ya dan karena Allah itu tadi dalam keadaan apapun selagi masih mungkin pakai cadar anda pakai cadar, bukan cadar bohongan, karena ada sebagian cadar kalau mereka keluar ikut kumpulannya di luar bertemu dengan laki-laki,” jawab Buya Yahya.