Daftar Artis Hollywood Beragama Islam, Bella Hadid sampai Mike Tyson

Daftar artis Hollywood beragama Islam
Daftar artis Hollywood beragama Islam (Foto : CBS News)

AntvAmerika Serikat didominasi oleh penganut agama Kristen. Selain itu, ada pula masyarakat yang beragama Islam, tak terkecuali artis Hollywood

Islam berada di posisi ke-2 sebagai agama dengan pemeluk terbanyak di dunia. Oleh karena itu, penganut agama Islam dapat ditemukan hampir di seluruh negara.

Kaum muslim pun ada di antara industri hiburan dunia, seperti Hollywood di Amerika Serikat. Penganut agama Islam ini merupakan artis, penyanyi, model, sampai dokter.

Tak banyak yang tahu tentang hal ini karena sebagian dari mereka jarang membicarakannya terang-terangan pada publik.

Namun, beberapa di antara mereka pun pernah membicarakan kesan dan pendapat masing-masing tentang menjadi bagian dari agama Islam. 

Berikut ini adalah daftar artis Hollywood beragama Islam serta opini mereka tentang menjadi seorang umat muslim, dilansir dari situs CBS News. 

14 Artis Hollywood Beragama Islam

1. Dr. Oz

img_title
Dr. Oz. (Foto: CBS News)

Dr. Mehmet Oz adalah ahli bedah kardiotoraks di New York-Presbyterian Hospital. Ia juga seorang penulis dan pembawa acara serial TV kesehatan dan kebugaran populer, The Dr. Oz Show. 

Dokter berkebangsaan Turki-Amerika ini juga seorang Muslim.

Dalam sebuah wawancara, Dr. Oz menjelaskan bahwa ayahnya berasal dari “Sabuk Quran” Turki dan ibunya adalah seorang Turki sekuler.

“Kau tahu, aku banyak berjuang dengan identitas Muslimku,” ungkapnya. 

Dr. Oz menghadapi kesulitan dengan adanya perbedaan latar belakang dari kedua orang tuanya. Apalagi, ia tumbuh besar di Amerika Serikat. 

“Aku mendapati diriku semakin tertarik ke sisi spiritual dari dunia agama, bukan sisi hukum agama,” ucapnya.

2. Bella Hadid

img_title
Bella Hadid. (Foto: CBS News)

Pada tahun 2017, Bella Hadid bergabung dengan aksi protes atas perintah eksekutif Presiden Trump yang berusaha menghentikan pengungsi dan pengunjung dari tujuh negara mayoritas Muslim. 

Hadid kemudian memberi tahu majalah Porter bahwa dia memprotes untuk menghormati warisan dan agamanya.

“Ayahku adalah seorang pengungsi ketika dia pertama kali datang ke Amerika, jadi kejadian ini sangat familiar bagiku dan saudara perempuanku,” kata Hadid. 

“Ayahku selalu religius, dan dia selalu berdoa bersama kami. Aku bangga menjadi seorang Muslim,” sambungnya.

3. Ramy Youssef

img_title
Ramy Yousef. (Foto: CBS News)

Youssef adalah pencipta dan bintang serial Hulu Ramy, film dark-comedy yang didasarkan pada kehidupan Youssef sebagai generasi pertama Muslim Amerika milenial dan perjuangannya untuk menyeimbangkan identitas tersebut.

“Kau duduk dalam kontradiksi. Itu sudah menjadi ruang yang aku coba arahkan. Dan itu semacam ruang yang aku bawa ke pekerjaan,” ucapnya.

Penampilannya di acara itu membuatnya mendapatkan penghargaan Golden Globe pada tahun 2020.

4. Hasan Minhaj

img_title
Hasan Minhaj. (Foto: CBS News)

Hasan Minhaj mengatakan bahwa dia diidentifikasi sebagai Muslim, tetapi identitasnya juga diinformasikan oleh banyak hal. 

“Hanya karena aku Muslim, bukan berarti aku tidak bisa melakukan yoga, meskipun itu seperti praktik Hindu, berasal dari Hindu,” ungkapnya pada tahun 2020.

5. Riz Ahmed

img_title
Riz Ahmed. (Foto: CBS News)

Ahmed sering berbicara tentang kenyataan menjadi Muslim di negara-negara barat. Ahmed membahasnya saat memimpin diskusi selama acara kepemimpinan keragaman di California.

“Pada dasarnya aku di sini untuk minta bantuanmu, karena sangat menakutkan menjadi seorang Muslim saat ini, sangat menakutkan,” ucapnya. 

“Aku sering bertanya-tanya, apakah ini akan menjadi tahun ketika mereka mengumpulkan kita?" kata pemeran film Venom ini.

"Apakah ini akan menjadi tahun mereka menerapkan pendaftaran Trump? Apakah ini akan menjadi tahun mereka mengirim (pergi) kita semua?” sambungnya.

6. Shohre Aghdashloo

img_title
Shohreh Aghdashloo. (Foto: CBS News)

Bintang film The Exorcism of Emily Rose ini adalah keturunan Iran-Amerika yang lahir dari keluarga Muslim. 

Dalam wawancara tahun 2013 dengan Los Angeles Times, Aghdashloo berspekulasi bahwa identitas Muslimnya dapat membuatnya kehilangan peran film. 

Meskipun sutradara George Nolfi menginginkannya untuk peran Tuhan dalam film thriller The Adjustment Bureau tahun 2011, dia dilepaskan dari proyek itu. 

“Aku bilang aku terlahir sebagai seorang Muslim. Aku tidak memperkenalkan diriku sebagai seorang wanita Muslim, tapi aku kira perusahaan distribusi mencari tahu dan merasa terlalu dini untuk ini,” kata Aghdashloo.

7. DJ Khaled

img_title
DJ Khaled. (Foto: CBS News)

DJ Khaled, seorang produser musik yang pernah meraih Grammy Award ini bangga menjadi Muslim. 

“Inilah hidup untukku. Aku terlahir sebagai Muslim, keluargaku membesarkanku sebagai Muslim,” ungkap Khaled.

“(Islam) itu indah, luar biasa, hebat dan telah memberi begitu banyak berkah bagiku dan keluargaku,” katanya pada 2018.

Khaled percaya bahwa imannya lah yang menjadikannya sosok seperti sekarang. Ia pun mencintai siapapun yang mencintai Tuhan. 

“Imanku telah membantu menjadikanku pria seperti sekarang ini, dengan cinta dan rasa hormat yang kuberikan di luar sana. Aku mencintai siapa pun yang mencintai Tuhan. Itulah aku,” tuturnya.

8. Aasif Mandvi

img_title
Aasif Mandvi. (Foto: CBS News)

Bintang film Spiderman 2 ini pernah mengaku bahwa di samping identitas dirinya sebagai seorang muslim, perilakunya tidak mencerminkan agama tersebut.

“Aku tumbuh sebagai seorang Muslim, tetapi aku telah berada di lebih banyak bar daripada masjid dalam hidupku,” ungkapnya. 

Meskipun begitu, Aasif mengaku bangga menjadi seorang umat muslim yang tinggal di Amerika Serikat. 

“Aku merasa ada momen dalam sejarah negara ini, dan Muslim Amerika memang perlu bersuara,” ucapnya. 

“Merupakan suatu keistimewaan untuk menjadi seorang Muslim Amerika, berbicara dengan cara apa pun yang aku bisa dalam sejarah saat ini, ketika itu sangat penting,” sambungnya. 

9. Mahersala Ali

img_title
Mahersala Ali. (Foto: CBS News)

Mahersala Ali, bintang film Green Book dan Moonlight ini tak terlahir sebagai muslim. Faktanya, ia lahir dari seorang ibu yang merupakan pendeta. Mahersala menjadi mualaf pada tahun 2000.

Dalam pidatonya saat menerima penghargaan di Screen Actors Guild Awards, Mahersala memberikan pernyataan mengesankan tentang mencintai satu sama lain di samping perbedaan yang ada.  

“Ibuku adalah seorang pendeta yang ditahbiskan, aku seorang Muslim,” ucapnya, yang merupakan aktor Muslim pertama yang memenangkan Academy Award.

“Dia tidak mengamuk ketika aku meneleponnya untuk memberitahunya bahwa aku pindah agama 17 tahun yang lalu,” katanya melanjutkan.

Sang Ibu tidak ingin perbedaan yang ada memecahkan hubungannya dengan anak. Hingga saat ini, mereka hidup akur dan saling mencintai layaknya keluarga.

“Tapi aku beri tahu kamu sekarang, kami mengesampingkan semuanya, aku bisa bertemu dengannya, dia bisa bertemu denganku, kami saling mencintai, cinta telah tumbuh,” katanya.

“Hal-hal itu adalah hal-hal kecil. Itu tidak begitu penting,” sambungnya.

10. Irrfan Khan

img_title
Irrfan Khan. (Foto: CBS News)

Irrfan Khan adalah bintang Bollywood yang go international hingga ke Amerika Serikat. Ia lahir di Jaipur, India dan dibesarkan sebagai orang Islam. Ia telah meninggal dunia pada April 2020. 

Irrfan pernah menimbulkan kontroversi ketika menemukakan pendapatnya tentang kurban. Ia mengalami pandangan sendiri terhadap ibadah ini.

“Makna kurban adalah menyembelih sesuatu yang dekat denganmu, bukan kambing atau domba yang baru saja kamu beli untuk disembelih,” ungkap bintang film Jurassic World ini. 

“Sebelum berkorban kita harus berbagi ikatan dengan benda itu, jika tidak, hanya membunuh seekor hewan tidak akan mencapai tujuannya,” kata Irrfan.

“Saat ini kita telah kehilangan relevansi di balik kegiatan keagamaan semacam itu dan melakukan ritual ini tanpa mengetahui maknanya,” ia melanjutkan.

11. Shaquille O’Neal

img_title
Shaquille O'Neal. (Foto: CBS News)

Shaquille adalah atlet basket yang bermain untuk enam tim berbeda selama 19 tahun karirnya di NBA. Ia juga pernah membintangi beberapa film, seperti Blended dan Hustle

Pada tahun 2010, ia ditanya tentang siapa yang menurutnya center terbaik sepanjang masa, Shaq lalu menyebut atlet lain yang juga satu agama denganya.

“Saudara Muslim lainnya, Hakeem Olajuwon,” ungkapnya.

Shaquille lalu mengonfirmasi rencananya untuk mengunjungi Turki. Ia pun mengungkapkan keinginannya untuk melakukan ibadah haji suatu hari nanti. 

Video wawancara tersebut telah dihapus dari YouTube dan tidak jelas apakah O'Neal masih memeluk agama ini.

12. Muhammad Ali

img_title
Muhammad Ali. (Foto: CBS News)

Juara tinju kelas berat legendaris Muhammad Ali masuk Islam pada 1960-an. Ia merupakan seorang Muslim yang taat. Ia meninggal pada Juni 2016 di usia 74 tahun.

Dalam pernyataan Desember 2015, dia berbicara menentang ekstremisme dan membahas tentang konsep jihad. 

"Muslim sejati tahu bahwa kekerasan kejam yang disebut Jihadis Islam bertentangan dengan prinsip agama kita,” tegasnya. 

“Para pemimpin politik kita harus menggunakan posisi mereka untuk membawa pemahaman tentang agama Islam dan mengklarifikasi bahwa para pembunuh sesat ini telah memutarbalikkan pandangan orang-orang tentang apa sebenarnya Islam itu,” sambungnya. 

13. Ice Cube

img_title
Ice Cube. (Foto: CBS News)

Artis hip-hop Ice Cube menjadi terkenal di grup rap gangster N.W.A, kemudian menikmati karier solo yang sukses dalam musik dan film Hollywood. 

Bintang film 21 Jump Street ini kemudian masuk Islam tak lama setelah bersolo karier pada 1990-an.

Dalam wawancara Februari 2000, dia menjelaskan nuansa identitasnya sebagai seorang Muslim.

“Maksudku, aku menyebut diriku adalah seorang Muslim alami, karena hanya aku dan Tuhan,” ucapnya. 

“Kau tahu, pergi ke masjid, ritual dan tradisi, itu tidak bisa aku lakukan. Jadi aku tidak melakukannya,” sambungnya. 

Tidak jelas apakah Ice Cube masih memeluk agama Islam.

14. Mike Tyson

img_title
Terkuak, Mike Tyson Pernah Berohong Kepada Mantan Istri Tentang Mengidap AIDS (Foto Instagram). (Foto: )

Mantan juara dunia kelas berat yang tak terbantahkan, Mike Tyson telah memegang ketiga sabuk kejuaraan utama yang ditawarkan tinju. 

Di samping itu, ia pun pernah berperan dalam beberapa film, seperti Rocky Balboa dan Ip Man.

Di samping kesuksesannya ini, tahukah kamu bahwa Mike Tyson adalah seorang pemeluk agama Islam yang bangga? 

Tyson masuk Islam pada 1990-an. Tyson mengatakan dia telah melakukan berbagai ziarah agama, termasuk salah satunya ke kota suci Mekkah.