Segar dan Berkhasiat! 18 Manfaat Buah Nanas untuk Kesehatan dan Kecantikan

Ilutrasi buah nanas
Ilutrasi buah nanas (Foto : Freepik/ jcomp)

Antv – Ada banyak sekali manfaat buah nanas bagi kesehatan tubuh. Buah yang satu ini familiar dan sangat digemari oleh banyak orang karena rasanya yang manis dan asam dengan sensasi yang menyegarkan.

Tak hanya segar dan lezat, buah yang memiliki nama latin Ananas comosus ini juga menyimpan banyak manfaat. Sebab, buah nanas memiliki kandungan nutrisi yang beragam.

Di antara nutrisi yang ada dalam buah nanas adalah air, protein, lemak, serat, kalsium, fosfor, zat besi, natrium, kalium, tembaga, zinc, beta karoten, thiamin, riboflavin, niasin, dan asam askorbat atau vitamin C. 

img_title
Ilustrasi minuman sari buah nanas. (Foto: Freepik/ azerbaijan_stocker)

Dengan banyaknya kandungan nutrisi di atas, maka manfaat buah nanas sudah tidak perlu diragukan lagi. Penasaran apa saja manfaatnya? Berikut ini deretan manfaat buah nanas untuk kesehatan yang perlu kamu tahu.

1. Meningkatkan imunitas 

img_title
Ilutrasi buah nanas. (Foto: Freepik/ azerbaijan_stocker)

Manfaat buah nanas yang pertama adalah untuk menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh sehingga tubuh akan terhindari dari berbagai macam penyakit.

Sebab, buah nanas kaya akan asam askorbat atau vitamin C yang memiliki peranan penting dalam menjaga sistem kekebalan dalam tubuh. 

Tak hanya itu, nanas juga mengandung enzim bromelain yang bermanfaat untuk menjaga tubuh dari serangan mokroorganisme. Enzim tersebut memberikan efek anti-inflamasi yang dapat memperbaiki kerusakan sel.

2. Menyehatkan tulang

Seperti yang tertera di atas, buah nanas mengandung kalsium yang bermanfaat untuk menyehatkan dan memperkuat tulang. 

Tak hanya itu, nanas juga mengandung tembaga yang dapat mencegah risiko gangguan kesehatan tulang, seperti tulang keropos atau osteoporosis.

3. Mencegah kanker

Seperti disebutkan di atas, buah nanas mengandung enzim bromelain yang berguna untuk menjaga imunitas tubuh. Tapi, rupanya enzim tersebut juga bermanfaat untuk mencegah risiko dan mematikan sel kanker.

4. Mempercepat penyembuhan luka operasi

Penelitian menyebutkan bahwa enzim bromelain memiliki sifat anti inflamasi yang mampu mengatasi peradangan, pembengkakan dan memar yang muncul setelah tindakan operasi.

Tak hanya dengan cara dikonsumsi, buah nanas juga dapat dioleskan di atas permukaan kuit yang terluka agar proses penyembuhan menjadi lebih optimal.

5. Menyehatkan mata

Manfaat buah nanas selanjutnya adalah untuk menyehatkan mata. Kandungan beta karoten dan vitamin C yang terkandung di dalam buah nanas dapat mencegah risiko penyakit atau gangguan pada mata.

Bukan cuma itu, buah nanas juga dapat mencegah munculnya katarak pada mata dan memperlambat proses perkembangan penyakit mata yang menyebabkan kebutaan.

6. Menyehatkan sistem pencernaan

img_title
Ilutrasi buah nanas. (Foto: Freepik/ jcomp)

Konsumsi buah nanas dapat menyehatkan sistem pencernaan dan mencegah sembelit. Hal itu disebabkan karena adanya serat dan enzim bromelain yang dapat membantu memecah protein dengan lebih cepat.

7. Mengurangi gejala peradangan

Manfaat buah nanas selanjutnya adalah untuk mengurangi gejala peradangan pada tubuh. Dengan adanya efek antiperadangan, maka tubuh akan lebih kuat melawan rasa nyeri dan mengurangi pembengkakan.

Tak hanya itu, enzim bromelain yang terkandung di dalam buah nanas dalam mengurangi peradangan pada sendi. Penelitian juga menunjukkan bahwa enzim brolemain juga dapat mengurangi osteoarthritis.

8. Menyehatkan kulit

Kandungan vitamin C yang ada di dalam buah nanas bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit. Dengan mengonsumsi buah nanas maka kulit akan terlihat glowing dan segar.

Cukup dengan mengonsumsi buah nanas secara rutin, kamu akan dapat merasakan efek kulit yang sehat. Kamu dapat mengonsumsi nanas secara langsung, dibuat jus segar, dan dengan dibuat sebagai masker wajah.

9. Mengatasi anemia

Seperti diketahui, nanas memang mengandung vitamin C yang tinggi. Vitamin C sendiri berguna untuk membantu tubuh untuk menyerap lebih banyak zat besi.

Buah nanas juga berperan penting dalam memproduksi hemoglobik dalam tubuh. Oleh sebab itu, manfaat buah nanas yang lain bagi kesehatan adalah bisa mencegah dan mengatasi anemia.

10. Membantu penurunan berat badan

Nanas merupakan salah satu buah cocok dijadikan sebagai kudapan bagi kamu yang sedang diet. Sebab, buah rendah kalori dan tinggi vitamin serta mineral ini bisa memberi efek kenyang lebih lama dan membantu menurunkan berat badan.

11. Menguatkan gigi dan gusi

Tulang dan gigi terdiri atas kalsium dan nanas merupakan buah yang mengandung tinggi kalsium. Maka, dengan mengonsumsi buah nanas, tulang, gigi dan gusimu akan cenderung lebih sehat.

12. Mencegah penyakit asma

img_title
Ilutrasi buah nanas. (Foto: Freepik/ 8photo)

Seperti yang telah disebutkan di awal, buah nanas mengandung beta karoten. Beta karoten sendiri merupakan salah satu nutrisi yang diperlukan bagi penderita asma. Tak hanya itu, enzim bromelain yang terkandung di dalamnya juga dapat mengurangi gejala asma.

13. Mencegah risiko penyakit jantung

Manfaat buah nanas selanjutnya adalah dapat mencegah penyakit jantung. Sebab, nanas mengandung vitamin C yang dapat mencegah oksidasi kolesterol. Vitamin C tersebut mampu mencegah perubahan plak yang dapat menyumbat arteri. 

Tak hanya itu, kandungan potasium dan mineral di dalam buah nanas juga bisa menyeimbangkan kadar air dalam tubuh. 

14. Meningkatkan kesuburan

Mineral yang terkandung di dalam buah nanas, seperti beta karoten, zinc, asam folat dan lain-lain dipercaya mampu membantu meningkatkan kesuburan perempuan dan laki-laki serta menyehatkan organ reproduksi.

Dengan rutin mengonsumsi buah nanas atau jus nanas, maka kemungkinan untuk mendapatkan keturunan menjadi lebih tinggi.

15. Mencegah penuaan dini

Seperti yang telah disebutkan di atas, buah nanas sangat baik untuk kesehatan kulit. Lebih spesifik lagi, buah yang satu ini juga dapat mencegah penuaan dini.

Selain mengonsumsinya sebagai makanan atau minuman jus, kamu juga dapat mendapatkan manfaat buah nanas ini dengan cara menjadikannya masker wajah.

Asam alpa hydroxy dan antioksidan yang terkandung di dalam buah nanas dipercaya mampu membantu menangkal radikal bebas yang dapat merusak kulit.

16. Menghilangkan flek hitam pada wajah

Nanas merupakan salah satu buah yang dapat dimanfaatkan sebagai bahan natural untuk kecantikan, salah satunya adalah untuk menghilangkan flek hitam pada wajah. Dengan demikian, kulit wajah menjadi lebih bersih dan sehat.

17. Mencegah timbulnya jerawat

Kandungan enzim bromelain yang ada dalam buah nanas dapat membantu mengecilkan pori-pori, menghilangkan komedo, dan mencegah timbulnya jerawat serta menghilangkan bekasnya yang membandel.

18. Meredakan dan mengurangi gejala batuk

Buah nanas dipercaya mampu mengencerkan lendir dalam saluran pernapasan sehingga bisa lebih mudah dikeluarkan saat batuk. 

Enzim bromelain yang terkandung dalam buah nanas mampu mengurangi gejala batuk dan menyembuhkannya. Tak hanya itu, kandungan vitamin C yang ada di dalamnya juga dapat mempercepat pemulihannya.

Nah, itulah sederet manfaat buah nanas bagi kesehatan tubuh dan kecantikan wajah yang wajib kamu ketahui. Semoga bermanfaat!