8 Manfaat Buah Sirsak yang Baik Bagi Kesehatan Tubuh

Buah sirsak
Buah sirsak (Foto : VIVA)

Antv – Manfaat buah sirsak mungkin menjadi hal yang masih tabu bagi sebagian masyarakat, nyatanya buah yang satu ini kaya akan khasiat yang luar biasa bagi kesehetan tubuh kamu. 

Buah sirsak ini menjadi salah satu buah tropis yang sangat bagus untuk membantu kamu yang sedang diet. Buah ini juga dikenal sebagai graviola dengan berukuran besar, berbentuk hati, dan bergerigi di bagian luar.

 

Selain itu, daging dari buah yang satu ini memiliki tekstur lembut dan berair. Saat mentah, warnanya akan hijau tua tetapi berubah menjadi sedikit hijau muda saat matang. Dagingnya yang putih dan akan terdapat biji-biji kecil berwarna hitam mengkilap.

Tekstur buahnya yang lembut membuat buah yang satu cocok untuk minuman, es krim, dan makanan manis lain yang cocok untuk dikonsumsi siang hari. 

Manfaat buah sirsak ini mengandung banyak fitonutrien yang dapat melawan sel penyebab penyakit, bahkan jenis tumor tertentu. Fitonutrien ini mengandung sifat antioksidan yang meningkatkan kesehatan secara keseluruhan. 

Penasaran lebih jauh bagaimana manfaat dari buah sirsak ini? Mari simak ulasannya di bawah ini seperti yang telah dihimpun dari stylecraze.

Manfaat Buah Sirsak

1. Melawan Kanker

img_title
Buah Sirsak. (Foto: IntipSeleb)

Meskipun belum ada penelitian langsung pada manusia, ekstrak sirsak ditemukan dapat membunuh beberapa jenis sel kanker payudara dan hati.

Menurut sebuah penelitian, tanaman sirsak terbukti sebagai obat kanker untuk sebagian besar jenis penyakit. Meskipun tes belum dilakukan pada manusia, kemungkinannya cukup menjanjikan.

Dalam penelitian di India yang dilakukan pada berbagai jalur sel, daun sirsak atau graviola menunjukkan penghambatan sel 80%. Acetogenins dalam sirsak menghambat senyawa berbahaya dalam sel kanker.

Manfaat buah sirsak ini juga menghambat kelangsungan hidup dan metabolisme sel kanker pancreas, hal ini menunjukkan potensi keberhasilan dalam menyembuhkan penyakit mematikan tersebut.

2. Meningkatkan Kesehatan Mata

img_title
Buah sirsak. (Foto: VIVA)

Manfaat buah sirsak yang berikutnya untuk tubuh kamu yakni untuk meningkatkan kesehatan mata. Sebab, buah yang satu ini kaya akan antioksidan, terutama vitamin C dan E, seng, dan beta-karoten.

Selain itu, buah ini pun diketahui dapat menurunkan risiko penyakit mata. Antioksidan juga mengurangi stres oksidatif yang dapat menyebabkan katarak dan degenerasi makula terkait usia.

3. Membantu Melawan Peradangan

img_title
Buah Sirsak. (Foto: Pixabay)

Dalam sebuah penelitian di Brazil, peradangan yang disebabkan oleh gigitan ular ditemukan membaik dengan pemberian daun dan jus sirsak. 

Akan tetapi, komponen sirsak mungkin juga sedikit memperparah efek buruk bisa ular, karenanya perlu ada penelitian lebih lanjut dalam aspek ini.

Selain itu, penelitian di Amerika Selatan dan Afrika tropis telah menekankan pada sifat anti-inflamasi dari akar, kulit kayu, dan daun pohon sirsak.

Kemampuan mengobati radang dengan sirsak sangat baik dan dapat digunakan untuk meredakan radang sendi.

4. Membantu Mengobati Infeksi

img_title
Buah Sirsak. (Foto: Pixabay/ bumikita)

Manfaat buah sirsak berikutnya yang perlu kamu ketahui untuk kesehatan tubuh yakni bisa membantu mengobati infeksi.

Hal itu karena infeksi yang disebabkan oleh bakteri dan parasite, salah satunya yakni leishmaniasis, yakni penyakit yang disebabkan oleh parasit yang ditularkan melalui gigitan kutu pasir.

Selain buahnya yang kaya akan manfaat, daun pohon sirsak ini juga dapat digunakan untuk mengobati berbagai macam infeksi yang lain.

5. Sirsak Membantu Pengobatan Diabetes

img_title
Buah Sirsak. (Foto: Pixabay/ najibzamri)

Menurut sebuah penelitian di Nigeria, sirsak memiliki sifat anti-diabetes. Dua kelompok tikus yang diuji dalam penelitian ini memiliki perbedaan yang signifikan dalam konsentrasi glukosa darahnya, dengan kelompok yang diberi sirsak memiliki konsentrasi yang lebih rendah daripada yang lain.

Ekstrak air daun sirsak ditemukan untuk menghambat (bahkan mencegah) kerusakan oksidatif hati yang disebabkan pada pasien diabetes.

6. Meningkatkan Kesehatan Gastrointestinal

img_title
Buah Sirsak. (Foto: Pixabay)

Sirsak juga ditemukan memiliki sifat antiulcer. Manfaat buah sirsak ini dapat menekan kerusakan oksidatif dan menjaga lendir dinding lambung.

Sifat antioksidan dan anti-inflamasi yang signifikan dari buah ini dapat membantu meningkatkan kesehatan pencernaan.

Dalam satu penelitian di Brazil, sifat anthelmintik (kemampuan membunuh parasit) dari ekstrak daun sirsak dipelajari. Mereka mempelajari efek cacing parasit yang menyebabkan masalah pencernaan pada kambing. 

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh buah sirsak terhadap telur dan parasit dewasa.

Studi tersebut menyimpulkan bahwa sirsak adalah anthelmintik alami, dan karena dapat membunuh parasit pada domba yang menyebabkan masalah pencernaan, ia mungkin memiliki efek serupa pada manusia. Namun, lebih banyak penelitian sedang dilakukan.

Sesuai laporan lain, dosis zat besi oral yang berlebihan dapat menyebabkan masalah pencernaan. Meskipun sirsak merupakan sumber zat besi, kandungan mineral dalam buah ini tidak sebanyak bahan lainnya, sehingga, tidak menyebabkan gangguan pencernaan. 

Misalnya, seseorang yang menderita kekurangan zat besi dapat rentan terhadap anemia, yang diketahui menyebabkan disfungsi sistem pencernaan. 

Meskipun sirsak bukanlah sumber zat besi yang sangat baik, ia mengandung zat besi dan karenanya bisa menjadi tambahan yang sehat untuk diet kaya zat besi untuk memerangi anemia (dan masalah pencernaan yang diakibatkannya).

7. Stabilkan Tekanan Darah 

img_title
Buah Sirsak. (Foto: Pixabay/ WonderfulBali)

Kadar potasium dan zat besi yang tinggi pada buah sirsak membantu menurunkan tingkat tekanan darah. Kalium meningkatkan sirkulasi darah, sementara zat besi membantu mengatur detak jantung dan ketegangan.

Pilihan untuk menambahkan sirsak ke dalam diet bisa memberikan kesehatan. Akan tetapi, dianjurkan untuk selalu berkonsultasi dengan dokter sebelum menambahkan atau menghapus makanan baru apa pun dari diet kamu. 

Hal itu untuk memastikan agar tidak menimbulkan reaksi yang merugikan atau mengacaukan pengobatan yang selaman ini kamu jaga.

8. Meningkatkan Kesehatan dan Kekebalan Tubuh

img_title
Buah sirsak. (Foto: VIVA)

Manfaat buah sirsak yang paling dicari adalah kemampuannya untuk membangun dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Sumber vitamin C yang bagus pada sirsak membantu tubuh melawan patogen, melindungi kulit dari kerusakan oksidasi. 

Buah sirsak juga merupakan sumber Fitosterol, yang membantu menurunkan kadar kolesterol darah, seperti tanin, sumber efek antimikroba, dan Flavonoid, hal itu pun dapat membantu dalam mengatur aktivitas dan melawan radikal bebas.

Itulah 8 manfaat buah sirsak yang dapat kamu ketahui, tentunya khasiat dari buah yang satu ini sangat baik untuk kesehatan tubuh kamu.