Tradisi Kirap Regeng 2022, Jaga Persatuan dan Kesatuan Warga Desa

Tradisi Kirap Regeng 2022, Jaga Persatuan dan Kesatuan Warga Desa
Tradisi Kirap Regeng 2022, Jaga Persatuan dan Kesatuan Warga Desa (Foto : antvklik-Purnomo Gujiih)

Antv – Masyatakat Desa Campurejo di Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, menggelar Kirap Regeng Maulid tahun 2022. Selain melestarikan tradisi Jawa, kegiatan tersebut juga untuk menjaga persatuan dan kesatuan masyarakat desa.

Masyarakat lereng Gunung Prau di Desa Campurejo, Kecamatan Tretep, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, menggelar Kirap Regeng Maulid tahun 2022 pada, Minggu (6/11/2022).

Berbagai kesenian, dan kendaraan hias yang dibuat oleh warga secara swadaya memeriahkan regeng maulid ini.

Kepala desa campurejo, agus setyawan, mengatakan bahwa kegiatan regeng maulid digelar setelah musim tembakau sebagau wujud syukur karena atas hasil panen yang melimpah. Serta juga harga jual tembakau tahun ini terhitung bagus, yakni Rp60 hingga Rp75 perkilo.

“ini adalah wujud persatuan dan kesatuan seluruh warga deaa campurejo, khusunya di temanggung utara, kreasi kreasi yg di buat ini murni dari kreasi-kreasi dusun dan RT masing-masing, yang mencerminkan sebagai bentuk kecintaan mereka terhadap desa khususnya dan umumnya masyarakat di Gunung Prau,” kata Agus Setyawan, Kepala Desa Campurejo.

Selain sebagai ajang kreativitas masyarakat desa, kegiatan ini juga untuk melestarikan budaya jawa yang mulai tergeser modereninsasi zaman.

“Naga ini memaknai karena naga itu naga jahat dan membunuh semua manusia, kedatangan krisna itu untuk mengendalikan naga supaya tidak menyerang manusia dan yg bisa mengendalikan naga adalah sang krisna agar masyarakat sekajtera”. Ucap Suprihatin, warga Campurejo.