Estetik! 14 Tanaman Hias Outdoor Untuk Mempercantik Halaman Rumah

Ilustrasi pekarangan rumah
Ilustrasi pekarangan rumah (Foto : Freepik/ wirestock)

AntvTanaman hias outdoor sangat cocok untuk diletakkan di kebun atau halaman rumah. Selain memberi kesan asri, bunga dan dedaunan yang cantik dan beraneka warna juga dapat membuat tampilan rumah jadi lebih estetik.

Para pecinta tanaman harus mempertimbangkan jenis tanaman hias outdoor yang akan diletakkan di pekarangan rumah. Sebab, ada banyak sekali jenis tanaman hias dengan beragam karakteristik yang perlu diperhatikan.

Untuk mempercantik halaman rumah dan memberikan kesan estetik, kamu bisa memilih tanaman hias outdoor dengan bentuk daun yang unik dan bunga-bunga yang warnanya menarik.

Selain bentuk dan warna tanaman, perhatikan pula perawatannya, mulai dari intensitas penyiraman, intensitas cahaya, kelembapan udara, dan jenis media tanamnya. Sebab, tanaman hias outdoor harus dirawat agar tetap tumbuh subur dan cantik.

Ketika memutuskan untuk menanam, maka kamu juga perlu berkomitmen untuk merawatnya. Sediakan waktu khusus untuk menyiramnya, memberinya pupuk, serta memangkas daun-daunnya agar tetap rapi.

Berikut ini telah kami rangkum dari berbagai sumber deretan tanaman hias outdoor yang berguna untuk mempercantik halaman rumah dan memberikan tampilan estetik untuk rumahmu.

1. Paku Tanduk Rusa

 

img_title
Paku Tanduk Rusa. (Foto: 99.co)

 

Paku Tanduk Rusa atau Staghorn Ferns adalah salah satu tanaman hias outdoor yang bentuknya unik dan estetik. Sebab, daunnya panjang menjuntai dan bercabang seperti tanduk rusa. Tanaman hias satu ini termasuk ke dalam jenis tanaman epifit yang tumbuh dengan cara menempel pada batang pohon lainnya.

2. Bunga Geranium

 

img_title
Geranium. (Foto: gilmour.com)

 

Bunga Geranium atau yang biasa disebut sebagai tapak dara juga merupakan salah satu jenis tanaman hias outdoor yang banyak ditemui di pekarangan rumah. Selain bunganya yang cantik dan warna-warni, Geranium juga dimanfaatkan untuk wewangian.

Tanaman hias yang satu ini sangat cocok ditanam di wilayah tropis karena bisa beradaptasi dengan sangat baik dalam berbagai cuaca. Tanaman ini juga ternyata bermanfaat sebagai pengusir nyamuk.

3. Bunga Kertas

 

img_title
Bunga Kertas. (Foto: kampustani.com)

 

Bunga kertas merupakan salah satu jenis tanaman hias yang dengan mudah ditemui bahkan di jalanan. Tanaman yang adaptif ini sangat tahan terhadap panas matahari seberapapun menyengatnya.

Bunganya yang cantik dan perawatannya yang sangat mudah membuat bunge kertas sangat cocok ditanam di pekarangan rumah. Dengan adanya tanaman ini, pekarangan rumahmu seketika akan terlihat cantik dan estetik.

4. Pink Pearl Agastache

 

img_title
Pink Pearl Agastache. (Foto: highcountrygardens.com)

 

Pink Pearl Agastache merupakan tanaman outdoor yang sangat cantik dan didominasi warna pink. Tak hanya cantik, tanaman ini juga bisa mengundang polinator seperti lebah, kupu-kupu, hingga burung kolibri.

Tanaman ini juga memiliki bentuk yang unik sehingga pekarangan rumahmu akan menjadi jauh lebih indah dan estetik.

5. Pakis Jepang

 

img_title
Pakis Jepang. (Foto: mitalom.com)

 

Lain halnya dengan tanaman pakis pada umumnya, pakis Jepang merupakan tanaman hias outdoor yang berdaun unk dengan warna ungu keperakan yang sangat cantik.

Meski pakis Jepang merupakan jenis tumbuhan yang kecil, ketika ditanam dalam jumlah yang banyak, ia akan mempercantik halaman rumah atau kebun kamu.

6. Kaktus

 

img_title
Kaktus. (Foto: Freepik/ alwih)

 

Kaktus merupakan salah satu jenis tanaman hias outdoor yang bisa digunakan untuk membuat tampilan estetik pada halaman rumah.

Tanaman yang terkenal sebagai tanaman gurun ini memang cocok ditanam di wilayah Indonesia yang beriklim tropis. Selain itu, dari segi perawatan, kaktus pun terbilang tidak rewel dan sangat mudah dirawat.

Selain sebagai tanaman hias outdoor, tanaman berduri yang satu ini sebenarnya juga cocok untuk dijadikan penghias ruangan.

7. Pohon Cemara

 

img_title
Pohon Cemara. (Foto: greeners.co)

 

Pohon cemara merupakan salah satu jenis tanaman hias outdoor yang dapat dijadikan opsi untuk menghias kebun kamu. Cemara sendiri merupakan tanaman yang akan selalu terlihat hijau sepanjang tahun dan bisa hidup hingga ratusan tahun.

Selain fungsinya sebagai penghijau halaman rumah, cemara memiliki bentuk yang unik sehingga dapat memberikan kesan estetik. Tak hanya itu, bagi kamu yang beragama Kristen, tanaman ini tentu akan sangat berguna saat perayaan Natal.

8. Bunga Tabebuya

 

img_title
Bunga Tabebuya. (Foto: dekoruma.com)

 

Tanaman hias outdoor yang satu ini sempat menghebohkan jagat maya lantaran ditanam di sepanjang jalan di Surabaya. Bagaimana tidak, penampilannya yang seperti pohon sakura membuat warga merasa bak di Jepang.

Tanaman yang satu ini memiliki bentuk bunga yang seperti terompet dan memiliki banyak varian dengan warna-warna yang berbeda.

9. Caladium

 

img_title
Caladium. (Foto: insvira.com)

 

Caladium dikenal juga sebagai tanaman keladi. Tanaman hias outdoor yang satu ini sangat cocok untuk dijadikan opsi penghias halaman dan pekarangan rumah agar tampilan rumah lebih cantik.

Caladium memiliki bentuk daun yang cantik dengan motif yang unik. Selain itu, tanaman keladi ini memiliki beragam warna dan corak yang berbeda-beda. Semakin jelas dan unik coraknya, maka akan semakin mahal pula harganya.

10. Kembang Sepatu

 

img_title
Kembang Sepatu. (Foto: Freepik/ bowonpat)

 

Kembang sepatu merupakan salah satu jenis tanaman hias outdoor yang sangat cocok ditanam di wilayah beriklim tropis. Di Jawa, bunga yang menjadi simbol negara Malaysia ini disebut sebagai kemabng worawari.

Selain bunganya yang sangat cantik, tanaman hias yang satu ini juga tak manja lantaran perawatannya yang sangat mudah, terlebih untuk kamu yang sibuk dan tak punya banyak waktu untuk merawat tanaman.

Di masyarakat, daun dan bunga dari tanaman kembang sepatu ini tak jarang juga dijadikan sebagai teh atau obat herbal tradisional.

11. Lavender Inggris

 

img_title
Lavender Inggris. (Foto: pertanianku.com)

 

Lavender Inggris merupakan jenis tanaman hias outdoor yang dapat menghasilakn warna yang indah. Selain itu, tanaman ini juga menghasilkan aroma yang harum. Tanaman ini juga mampu bertahan di kondisi tanah kurang air.

12. Bambu Hias

 

img_title
Bambu Hias. (Foto: 99.co)

 

Tanaman hias yang satu ini kerap dijadikan pilihan untuk mempercantik halaman rumah karena dikenal sebagai tanaman pembawa keberuntungan.

Berbeda dengan tanaman bambu biasa, bambu hias memiliki ukuran batang yang cenderung lebih kecil dan pendek. Oleh sebab itulah, tanaman ini hanya bisa tumbuh maksimal sampai 3 meter saja.

Selain itu, banyak pula orang yang memanfaatkan tanaman bambu hias sebagai penahan angin dan mengurangi polusi udara di sekitar rumah.

13. Aglaonema

 

img_title
Aglaonema. (Foto: cleanipedia.com)

 

Aglaonema merupakan jenis tanaman hias yang dikenal juga dengan nama Sri Rejeki. Aglaonema kini tengah populer di kalangan pecinta tanaman hias. Sebab tanaman ini cenderung mudah untuk dirawat. 

Aglaonema tidak mudah layu meski jarang disiram dan tak mendapat intensitas cahaya matahari yang cukup. Selain itu, tanaman hias ini terdiri dari berbagai jenis dan warna yang menarik sehingga sangat cocok untuk djadikan penghias pekarangan rumah.

14. Kuping Gajah

 

img_title
Kuping Gajah. (Foto: dekoruma.com)

 

Jika kamu menyukai tanaman hias dengan daun yang lebar dan eksotis, pastikan tanaman kuping gajah ada di pekarangan rumahmu. Tanaman yang juga disebut sebagai Anthurium crystallinum ini berasal dari Amerika Selatan. Karakter tanaman ini cenderung berdaun banyak atau lebat. Jika sudah tumbuh besar, tanaman ini bisa mencapai panjang 20-40 cm dan lebar 15-38 cm.

Nah, demikianlah deretan tanaman hias yang bisa ditanam di luar rumah sehingga dapat mempercantik halaman rumahmu. Dengan tampilan yang indah, mood para penghuni rumah pun cenderung akan lebih baik. Semoga bermanfaat!