Obat Baru Ditemukan, Efektif untuk Atasi Infeksi Saluran Kemih

Ilustrasi Infeksi Saluran Kemih
Ilustrasi Infeksi Saluran Kemih (Foto : Freepik/ jcomp)

Antv – Kombinasi obat baru telah ditemukan lebih efektif, terutama melawan infeksi yang resisten terhadap obat, menurut sebuah studi internasional yang dilakukan oleh ahli Rutgers yang membandingkan terapi baru dan lama untuk infeksi saluran kemih yang kompleks.

Melansir dari laman Hindustan Times pada Kamis, 27 Oktober 2022, yang menggambarkan hasil dalam Journal of American Medical Association (JAMA), para peneliti dalam uji klinis AllIUM Phase 3 menunjukkan bahwa kombinasi obat cefepime dan enmetazobactam lebih efektif dalam mengobati infeksi saluran kemih yang rumit dan pielonefritis akut (AP), infeksi bakteri yang menyebabkan peradangan ginjal, daripada pengobatan standar yang menggabungkan piperasilin dan tazobactam. 

Infeksi saluran kemih dianggap rumit jika dikaitkan dengan faktor risiko - termasuk demam, sepsis, obstruksi saluran kemih atau pemasangan kateter - yang meningkatkan bahaya kegagalan terapi antibiotik.

 

img_title
Ilustrasi Infeksi Saluran Kemih. (Foto: Freepik/drobotdean)

 

"Antibiotik baru ini lebih unggul dari terapi standar perawatan," kata Keith Kaye, kepala Divisi Alergi, Imunologi dan Penyakit Menular dan profesor kedokteran di Rutgers Robert Wood Johnson Medical School.