11 Manfaat Terbaik Jus Apel, Lezat dan Berkhasiat!

Ilustrasi jus apel
Ilustrasi jus apel (Foto : Pexels/Toni Cuenca)

Antv – Membuat jus merupakan salah satu cara untuk mengonsumsi buah, misalnya apel. Namun, sudah tahukah kamu manfaat dari jus buah apel ini? 

Tak dapat dipungkiri lagi bahwa buah merupakan makanan bernutrisi yang memberikan banyak dampak positif bagi kesehatan tubuh.

Jus sendiri menjadi olahan buah yang paling disukai banyak orang. Kamu bisa membuat jus dari beberapa jenis buah atau menambahkan beberapa bahan yang menambah gizi dan cita rasa, seperti susu atau yoghurt.

Perlu diketahui bahwa jus apel pun sarat akan berbagai manfaat serbaguna. 

Dilansir dari Pinkvilla pada 25 April 2023, jus apel disebutkan dapat menghidrasi, memiliki sifat anti-kanker dan anti-inflamasi, dan merupakan keuntungan bagi orang yang menderita masalah kardiovaskular. 

Buah apel sendiri tidak mengandung kolesterol. Buah ini juga hampir tidak mengandung jumlah natrium dan lemak jenuh hingga menjadikannya pilihan yang lebih sehat.

Dengan itu, jumlah nutrisi dalam jus apel sama dengan apel mentah. Hal ini tidak sama dengan jus buah kemasan karena mengandung bahan pengawet yang mengurangi kandungan gizi buah. Oleh karena itu, jus buah murni yang dibuat sendiri selalu lebih sehat daripada yang dijual di supermarket.

Lalu, apa saja manfaat dari jus apel ini? Yuk kita simak!

1. Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh

img_title
Ilustrasi pria. (Foto: Freepik/freepik)

Vitamin C hadir berlimpah dalam jus apel dan menjadikannya pilihan yang diinginkan di antara banyak orang. 

Vitamin C dikenal memiliki beberapa manfaat, salah satunya yang terpenting adalah memperkuat sistem kekebalan tubuh manusia.

Konsumsi Vitamin C secara teratur pola diet juga dapat membantumu menangkal flu musiman dan penyakit menular lainnya. 

2. Meningkatkan Tingkat Hidrasi 

img_title
Ilustrasi minum. (Foto: Pexels/Andrea Piacquadio)

Jus terdiri dari banyak air. Oleh karena itu, jus menjadi pilihan tepat bagi kamu yang membutuhkan hidrasi selain air putih. 

Beberapa dokter anak merekomendasikan campuran setengah jus dan setengah air untuk anak sakit yang berusia lebih dari satu tahun dan menderita dehidrasi ringan.

3. Kunci Menjaga Kesehatan Jantung

img_title
Ilustrasi Jantung Sehat. (Foto: Freepik)

Dianggap baik untuk kesehatan jantung, senyawa tanaman polifenol dan flavonoid hadir dalam konsentrasi yang signifikan dalam apel. 

Sebuah penelitian juga menunjukkan bagaimana polifenol dapat mencegah kolesterol LDL teroksidasi dan menumpuk di arteri.

Memasukkan satu atau dua gelas jus apel ke dalam pola makan dapat membantu meminimalkan risiko penyakit arteri koroner karena diketahui menunjukkan efek antioksidan.

Apel juga mengandung banyak kalium, mineral yang dianggap signifikan dalam mengurangi stres dan mengendalikan tekanan darah sehingga dapat mengurangi risiko penyakit terkait jantung.

4. Dapat Membantu Menurunkan Berat Badan

img_title
Ilustrasi berat badan. (Foto: Pexels/Ketut Subiyanto)

Meskipun bukan ramuan ajaib yang akan membantu menurunkan berat badan ekstra, jus apel dapat membantu menekan nafsu makan dan rasa ,apar yang terlalu aktif.

Sesuai penelitian, percobaan berbeda yang dilakukan pada hewan dan juga manusia telah menunjukkan bahwa konsumsi apel dalam berbagai bentuk dapat menyebabkan penurunan berat badan. 

Polifenol yang ada dalam apel juga dinyatakan memiliki sifat anti-obesitas. 

5. Dapat Membantu Mengurangi Gejala Asma

img_title
Ilustrasi pria. (Foto: Pexels/Towfiqu barbhuiya)

Dikemas dengan antioksidan, jus apel diresapi dengan sifat anti-inflamasi dan anti-alergi yang dapat membantu mengurangi keparahan serangan asma serta meredakan gejalanya.

Selain itu, polifenol yang ada dalam jus secara signifikan mengurangi risiko penyakit paru-paru dan meningkatkan kesehatan organ tersebut. 

Perlu diketahui buatlah jus apel dari buah segar, bukan yang dari kemasan karena memiliki kandungan gula yang cukup banyak dan dapat memperburuk asma. 

Asupan gula yang berlebihan juga ditemukan sebagai faktor utama penyebab asma pada anak-anak.

6. Bermanfaat Melawan Infeksi Saluran Kemih

img_title
Ilustrasi Infeksi Saluran Kemih. (Foto: Freepik/ jcomp)

Karena apel sedikit asam, apel merupakan bahan yang baik untuk menangkal infeksi saluran kemih (ISK). 

Minum jus apel secara teratur dapat mencegah bakteri menempel pada dinding saluran kemih dan menyebabkan infeksi.

Quercetin, antioksidan yang dikenal memiliki sifat antibakteri hadir dalam sejumlah besar apel, membuat jus ini juga jauh lebih penting.

7. Dapat Membantu Melindungi Otak 

img_title
Ilustrasi otak. (Foto: Pexels/Anna Shvets)

Bukti anekdot menunjukkan bahwa antioksidan polifenol yang ditemukan dalam jus apel dapat mendukung fungsi otak seiring bertambahnya usia. 

Selain berpotensi memiliki sifat anti kanker, komponen yang ada dalam apel juga dapat membantu pengobatan penyakit neurodegeneratif seperti Parkinson dan Alzheimer.

Dalam penelitian yang dilakukan University of Massachusetts-Lowell, ditemukan bahwa jus apel dapat bekerja dengan baik untuk memperbaiki gejala pada pasien Alzheimer stadium sedang hingga akhir. 

8. Dapat Meningkatkan Kesehatan Kulit 

img_title
Ilustrasi perempuan. (Foto: Freepik/kroshka__nastya)

Dengan kehadiran Vitamin C yang luar biasa, manfaat jus apel juga meluas ke kulit. 

Bukti anekdotal menunjukkan bagaimana antioksidan vitamin memastikan kulit terasa lebih sehat dan lebih bercahaya. 

Ini juga dikenal untuk mengobati beberapa masalah yang berhubungan dengan kulit seperti keriput, jerawat, gatal, kulit pecah-pecah, dan peradangan. 

9. Dapat Meningkatkan Fungsi Hati

img_title
Ilustrasi liver atau hati. (Foto: Freepik/master1305)

Manfaat terbaik jus apel memang mencakup banyak sekali spektrum. 

Jus apel diberkahi dengan dewi asam malat yang dianggap sangat bermanfaat dalam membantu hati membuang semua racun dari tubuh.

Bukti anekdot juga mendukung kepercayaan bahwa jus apel dapat merangsang buang air kecil yang selanjutnya dapat meningkatkan kesehatan hati. 

Meskipun banyak penelitian belum dilakukan di bidang ini, diyakini bahwa alkalinitas apel terbukti sangat efektif dalam proses pembersihan produk sampingan limbah dari hati. 

10. Mendukung Kesehatan Rambut

img_title
Ilustrasi rambut. (Foto: Pexels/Helena Ije)

Vitamin yang ada dalam jus apel dapat berkontribusi dengan baik untuk meningkatkan kesehatan surai dan memulihkan rambut kusam dan rapuh. 

Selain diminum, jus apel juga bisa dioleskan sebagai masker rambut alami. 

Menjadi asam, jus apel dapat membantu menghilangkan penumpukan produk di kulit kepala bersama dengan residu lengket lainnya.

Kulit kepala dan rambut kita dianggap paling sehat jika berada di sisi asam. Membilas kulit kepala dan panjang rambut dengan jus apel dapat membantu menyeimbangkan tingkat pH kulit kepala.

11. Dapat Mencegah Gangguan Mata

img_title
Ilustrasi mata. (Foto: Pexels/Andrea Piacquadio)

Apel sangat kaya akan Vitamin A yang dianggap penting dalam menjaga kesehatan mata. 

Vitamin A tidak hanya menjaga ketajaman penglihatan, tetapi juga bermanfaat melawan banyak gangguan kesehatan pada mata.

Untuk mempertahankan penglihatan dan memastikan mata selalu sehat, mulailah menambahkan jus apel sebagai minuman wajib dalam pola diet atau makan.