Catat! 24 Manfaat Kunyit untuk Kesehatan Tubuh dan Kecantikan

Manfaat Kunyit
Manfaat Kunyit (Foto : Freepik/ jigsawstocker)

Antv – Ada banyak sekali manfaat kunyit bagi kesehatan tubuh dan kecantikan kulit. Selain sebagai bumbu masakan, rupanya kunyit menyimpan banyak khasiat untuk tubuh. Terbukti, kunyit kerap digunakan sebagai bahan jamu tradisional.

Sebagai obat tradisional, kunyit dipercaya bisa menangkal dan menyembuhkan berbagai macam penyakit, mulai dari kesehatan organ kewanitaan, menjaga imunitas tubuh, dan mencerahkan kulit wajah.

Senyawa kurkumin yang ada dalam kunyit juga menyimpan manfaat besar sebagai antibakteri, antiinflamasi, antioksidan, antikanker, penurun gula darah, dan juga sebagai immunomodulator.

Berikut ini berbagai macam manfaat kunyit untuk kesehatan dan kecantikan dirangkum dari berbagai sumber.

Manfaat Kunyit Untuk Kesehatan Tubuh

 

img_title
Manfaat Kunyit untuk Kesehatan Tubuh. (Foto : Freepik/ user2386360)

 

1. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Rimpang kunyit mengandung zat kurkumin yang berfungsi untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Kunyit dapat meningkatkan sistem pertahanan tubuh melawan virus atau bakteri penyebab penyakit.

2. Mengatasi Flu dan Batuk

Penyakit yang umum dialami oleh banyak orang yakni flu dan batuk ini juga bisa diatasi dengan menggunakan kunyit. Bakteri virus yang menyebabkan flu dan batuk dapat dilawan dengan kandungan antioksidan yang terkandung di dalam kunyit. Kamu bisa mengonsumsinya dengan rutin agar flu dan batuk cepat hilang dan sembuh.

3. Mengatasi Radang

Kandungan kurkumin pada kunyit bersifat antioksidan yang memiliki efek antiradang.

4. Mengurangi Mual

Kandungan zat kurkumin yang terkandung dalam kunyit akan meresap ke dalam aliran darah manusia dan mengurangi tekanan gas pada perut. Dengan mengonsumsi kunyit, tekanan gas pada perut akan lebih ringan dan lega sehingga dapat mengurangi mual.

5. Mengatasi Kembung

Zat kurkumin yang terkandung di dalam kunyit dapat membantu mengurangi tekanan gas pada perut dan membantu lambung untuk menghentikan produksi asam secara berlebihan.

6. Menghambat Pertumbuhan dan Penyebaran Kanker

Kunyit putih dapat bermanfaat untuk mengobati metastasis kanker. Hal ini disebabkan karena adanya kandungan zat kurkumin yang dapat menghambat pertumbuhan dan penyebaran kanker.

7. Mengatasi Alergi

Adanya zat kurkumin dan bisdesmetoksikurkumin pada kunyit berfungsi sebagai senyawa anti-alergi yang dapat membantu menghilangkan rasa gatal-gatal pada tubuh.

8. Mengobati Maag

Kunyit dapat membantu mengurangi frekuensi kambuhnya gejala-gejala sakit maag. Zat kurkumin pada kunyit dapat mengendalikan produksi asam lambung dan empedu secara berlebihan.

9. Meredakan Peradangan Pada Usus

Irritable Bowel Syndrome (IBS) atau peradangan usus dapat menyebabkan masalah-massalah pada sistem pencernaan. Jika didiamkan, peradangan usus akan membuat usus berkontraksi dan mengakibatkan diare kronis.

Dengan mengonsumsi kunyit, dapat mengurangi intensitas sakit perut yang disebabkan oleh peradangan usus. Manfaat kunyit ini disebabkan karena adanya zat antioksidan dan kurkumin yang melancarkan kinerja otot pencernaan.

10. Merawat Organ Hati

Studi menyebutkan jika bahwa ekstrak kunyit dapat mencegah organ hati dari kerusakan dan menjaganya tetap sehat. 

11. Melawan Infeksi

Manfaat kunyit lainnya untuk kesehatan tubuh adalah untuk melawan infeksi pada tubuh. Zat yang terkandung dalam kunyit putih dapat melawan berkembangnya jamur dan bakteri pada tubuh, seperti infeksi kulit, infeksi jamur penyebab sariawan dan infeksi jamur di area kewanitaan.

12. Penawar Racun

Studi menyebutkan bahwa zat yang terkandung di dalam kunyit bermanfaat untuk pertolongan pertama pada gigitan ular. Sebab, kunyit mampu menghambat penyebaran bisa ular dalam darah dan mengurangi pembengkakan.

13. Menstabilkan Gula Darah

Bagi penderita diabetes, mengkonsumsi kunyit secara teratur dapat mengendalikan gula darah agar tetap stabil. Zat kurkumin yang terkandung dalam kunyit dapat menurunkan kadar glukosa dalam darah. Selain itu, kurkumin juga dapat meningkatkan insulin sehingga membuat gejal diabetes jadi lebih mudah ditangani.

14. Membantu Penurunan Berat Badan

Selain menjaga daya tahan tubuh, mengonsumsi air kunyit dapat menjaga bentuk tubuh dan menurunkan berat badan sehingga sangat cocok untuk orang yang sedang menjalani program diet. Akan tetapi, manfaat ini bisa didapatkan dengan mengombinasikannya dengan asam Jawa.

Zat kurkumin yang ada pada kunyit berfungsi untuk menekan respons peradangan pada sel tubuh, termasuk sel pankreas, lemak dan otot. Reaksi ini dapat membantu mengurangi resistensi insulin, menurunkan kadar gula darah dan kolesterol, serta gangguan metabolik lainnya.

15. Melindungi dari Penyakit Jantung

Zat kurkumin yang terkandung dalam kunyit dapat meningkatkan fungsi endotel atau kesehatan selaput tipis yang menutupi bagian dalam jantung dan pembuluh darah. Slaput tersebut berperan penting dalam mengatur tekanan darah.

Fungsi endotel yang lebih rendah dikaitkan dengan penuaan dan peningkatan risiko penyakit jantung. Dengan demikian, kunyit dapat membantu melindungi kemungkinan seseorang terkena penyakit jantung.

16. Membantu Mengatasi Alzheimer

Zat kurkumin yang terkandung dalam kunyit dapat membantu menunda atau membalikkan degenerasi otak. Kunyit dapat meningkatkan kadar faktor neurotropik yang diturunkan dari otak (BDNF), protein yang ditemukan di otak dan sumsum tulang belakang.

BDNF berperan dalam menjaga sel-sel saraf (neuron) tetap sehat, mengatur komunikasi antar sel saraf, yang sangat penting untuk pembelajaran dan memori. Sebab, gangguan otak umum seperti alzheimer dikaitkan dengan BDNF yang lebih rendah.

17. Mencegah Degenerasi Mata

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa perawatan dengan kurkumin topikal yang terkandung dalam kunyit dapat membantu melindungi mata dari degenerasi. 

18. Mengurangi Nyeri Haid

Nyeri haid tentu adalah hal yang umum dialami oleh para wanita di luar sana. Biasanya kebanyakan wanita mengalami sakit perut yang luar biasa saat haid dan tentunya sangat menyiksa dan mengganggu aktivitas. Namun dengan mengonsumsi kunyit hal tersebut bisa diatasi dan nyeri haid kamu dapat berkurang.

Manfaat Kunyit Untuk Kecantikan Kulit

 

img_title
Manfaat Kunyit untuk Kecantikan Kulit Wajah. (Foto : Freepik/ stockimagefactor)

 

1. Menjaga Kesehatan Kulit

Sifat anti-inflamasi, antimikroba, dan antioksidan yang terkandung dalam kunyit dapat menjadi pengobatan yang efektif untuk berbagai kondisi kulit, termasuk jerawat, eksim, photoaing, dan psoriasis.

Studi menyebutkan jika kurkumin oral dapat menjadi pilihan pengobatan yang efektif dan aman untuk psoriasis atau penyakit kulit inflamasi kronis.

2. Mengatasi Masalah Penuaan Dini Pada Kulit

Berkat kemampuannya melawan peradangan dan melindungi dari radikal bebas, kunyit juga dapat menjadi anti penuaan yang efektif.

3. Mengatasi Jerawat

Salah satu manfaat kunyit untuk kecantikan kulit wajah adalah membantu mengatasi permasalahan jerawat. Kunyit bersifat antiinflamasi yang diyakini bermanfaat dalam mengatasi peradangan di pori-pori kulit akibat jerawat.

Manfaat ini akan terasa maksimal bila dikombinasikan dengan madu. Sebab, madu adalah bahan alami yang mengandung antioksidan dan antibakteri. Madu dipercaya dapat membantu menenangkan kulit berjerawat serta mencegah kemunculannya kembali.

Selain madu, manfaat kunyit untuk kulit berjerawat bisa optimal jika dicampurkan dengan bahan alami seperti lidah buaya dan teh hijau. Sebab, lidah buaya juga memiliki kandungan yang beguna untuk menenangkan kulit berjerawat yang sedang meradang.

4. Mengatasi Hiperpigmentasi

Kunyit diyakini dapat mengatasi noda hitam akibat hiperpigmentasi. Hiperpigmentasi sendiri adalah suatu kondisi kulit yang ditandai dengan bercak gelap yang ada di area kulit, termasuk di wajah.

5. Menghilangkan Kerutan di Wajah

Pengaplikasian masker kunyit di wajah dapat membantu menghilangkan kerutan di wajah. Hal tersebut dikaitkan dengan kemampuan kunyit dalam meningkatkan tekstur kulit secara keseluruhan sehingga membuat kerutan tersamarkan dan wajah terlihat awet muda.

6. Mencerahkan Kulit

Mencerahkan kulit wajah juga dapat menjadi manfaat masker kunyit untuk wajah lainnya. Kandungan antioksidan dalam kunyit dapat membuat kulit wajah tampak lebih sehat dan bersinar. 

Kunyit juga dapat menyehatkan kulit yang bermasalah sehingga mampu mencerahkan kulit wajah. Itu sebabnya, berbagai produk kecantikan sudah banyak yang memanfaatkan ekstrak kunyit dalam kandungannya.