7 Manfaat Minyak Zaitun untuk Wajah, Salah Satunya Atasi Kerutan

Manfaat minyak zaitun untuk wajah
Manfaat minyak zaitun untuk wajah (Foto : Pixabay)

Antv – Manfaat minyak zaitun untuk wajah ini ternyata sangat beragam dan hasilnya cukup menggiurkan. Sebab, minyak zaitun untuk wajah ini dapat memberi nutrisi lebih bagi kulit dan bisa mengatasi berbagai keluhan baik jerawat atau wajah kusam. 

Sejak zaman Romawi Kuno, minyak zaitun telah digunakan untuk obat-obatan, bahan masakan, sabun, bahan bakar lampu kuno, hingga kosmetik. Manfaat minyak zaitun untuk wajah ini bisa untuk wajah kusam hingga jerawat yang membandel. 

Cara penggunaannya pun sangat mudah dan tentunya tidak ribet. Biasanya, cara memakai minyak zaitun yang diaplikasikan bagi wajah ini dilakukan sebelum tidur di malam hari. Sehingga hal tersebut hasilnya bisa lebih maksimal dan bisa melihat hasilnya kla sudah bangun pagi.

Seperti yang ditahui, bahwa minyak zaitun ini diperoleh dari hasil penggilingan zaitun dan minyak yang berasal dari tanaman asli Mediterania. Kandungan dari senyawa yang ada dalamnya pun sangat banyak sekali, sehingga bermanfaat untuk kesehatan tubuh. 

Hal tersebut termasuk untuk kecantikan kulit wajah, karena mengandung vitamin E, vitamin K, Lemak omega 3, omega 6 dan omega 9, dan masih banyak lagi.

Tak hanya itu, minyak yang berasal dari tanaman Mediterania ini juga sangat bagus untuk berbagai kesehatan tubuh, seperti menjaga kesehatan jantung, menjaga kesehatan hati, menurunkan risiko kanker payudara, menekan risiko diabetes tipe dua, mengobati rematik, dan yang lainnya.

Salah satu manfaat yang dapat digunakan dari minyak zaitun ini ialah untuk wajah. Lalu seperti apa cara pemakaiannya dan manfaat minyak yang satu ini? Berikut ulasannya yang telah disadur dari VIVA.

1. Mengatasi Jerawat

img_title
Jerawat pada wajah. (Foto : Pixabay)

Kandungan antioksidan, anti bakteri, dan anti inflamasi yang sifatnya non comedogenic ini membuat jerawat hilang dari wajah. Ternyata, minyak zaitun ini tidak menimbulkan komedo. Bahkan sebaliknya, sifatnya menutupi pori-pori kulit wajah.

Tak hanya itu, minyak zaitun juga dapat mencegah timbulnya jerawat dan menyembuhkan bekas-bekas jerawat. Maka, lakukan perawatan dengan minyak zaitun setiap malam, dioleskan dibiarkan sampai pagi agar jerawat menghilang. 

Kandungan dari polifenol yang tinggi, selain sebagai antioksidan untuk mencegah kerusakan wajah juga dapat memutihkan kulit kamu.

2. Menjaga Kelembaban Wajah

img_title
kelembaban wajah. (Foto : Pixabay)

Kandungan zat aktif dari minyak zaitun ini dapat menjaga kadar air di dalam kulit wajah. Sehingga menjadikannya lebih lembab dan juga mencegah penuaan dini. Minyak zaitun ini bisa dikatakan sebagai anti aging yang akan mengencangkan kulit wajah. 

Dikarenakan dapat menjaga kadar air di dalam kulit dan juga mengandung antioksidan yang disebut dengan polifenol. Menggunakan minyak zaitun ini dapat mencegah kerusakan di kulit wajah, sehingga bisa mengencangkan kulit wajah secara alami dan natural. 

Cara pakainya sangat mudah, kamu ukup dengan mengoleskannya di wajah setiap malam atau bisa juga sebagai masker. 

Setalah itu, campurkan satu sendok makan minyak zaitun dengan satu sendok makan madu, lalu dioleskan dan kemudian biarkan selama 15 menit. Kemudian bilas hingga bersih. Lalukan secara rutin atau seminggu dua kali dan dijamin hasilnya bikin wajah glowing dan kencang.

3. Pembersih Make-Up

img_title
make-up. (Foto : Pixabay/istock)

Manfaat minyak zaitun untuk wajah berikutnya yakni  bisa digunakan sebagai pembersih wajah dari make-up. Make-up memang sudah menjadi kebutuhan pokok bagi seseorang, terkhusus kaum wanita, sebab tak sedikit wanita akan menggunakan make-up dalam situasi apapun. 

Setelah mengenakan make-up dan pulang ke rumah, tentunya wanita akan menghapus riasan yang terpasang di wajahnya tersebut. Sebab, kalau tidak dihapus, nantinya akan menimbulkan beberapa efek yang mempengaruhi wajah.

Salah satu efeknya yakni dengan timbulnya sebuah jerawat dan bruntusan secara cepat. Tentunya hal tersebut sangat-sangat tidak diharapkan oleh kamu bukan? Nah, cara yang cukup efektif dalam membersihkan wajah dari riasan make-up yakni dengan menggunakan minyak zaitun ini.

4. Mengecilkan Pori-pori pada Wajah

img_title
Pori-pori wajah. (Foto : Pixabay)

Kandungan nutrisi yang tinggi dapat membantu mengecilkan pori-pori pada kulit wajah. Minyak zaitun juga berfungsi sebagai moisturizer alami yang mengandung vitamin A, vitamin C, dan vitamin E.

Maka, hal tersebut dapat menutrisi, melembabkan, dan menghaluskan kulit wajah. Tingginya senyawa polifenol dan zat anti-oksidan yang terkandung di dalam minyak zaitun ini bisa membantu untuk mengecilkan pori-pori wajah agar tidak mudah tersumbat debu, kuman, dan kotoran. 

Penggunaannya mudah dan  sangat simple. Kamu cukup tuangkan 1-2 sdm minyak zaitun ke dalam wadah, lalu oleskan secara merata ke seluruh permukaan kulit wajah. Diamkan selama sekitar 15 menit lalu bilas hingga bersih.

5. Mencegah Penuaan serta Kerutan pada wajah

img_title
Ilustrasi penuaan dan kerutan pada wajah. (Foto : Pixabay)

Manfaat minyak zaitun untuk wajah yang berikutnya yakni bisa untuk mencegah penuaan dan kerutan. Dengan menggunakan minyak zaitun bisa menjadi salah satu alternatif untuk pembersih make-up.

Karena minyak zaitun ini tidak menggunakan bahan kimia yang berbahaya untuk kesehatan kulit, maka minyak zaitun ini cocok untuk kulit kamu yang sensitive. Kandungan antioksidan di dalam minyak zaitun ini juga dapat memperlambat pembentukan kerut halus. 

Gunakan minyak zaitun sebagai bagian dari gaya hidup sehat kamu karena minyak esensial ini juga mengandung banyak vitamin A, vitamin E, dan zat yang disebut Squalane. Minyak ziutun ini akan memberikan manfaat untuk memelihara kulit tetap awet muda. 

Cara penggunaannya pun terbilang sangat mudah, kamu bisa aplikasikan sebagai masker atau di minum langsung, sesuai dengan minyak yang herbal dan ori pastinya. Berbagai vitamin yang ada di minyak zaitun ini dapat mengurangi stres oksidatif pada kulit yang menjadi salah satu penyebab penuaan dini pada kulit.

6. Atasi Beruntusan di Wajah

img_title
Bruntusan pada wajah. (Foto : VIVA)

Diketahui, kalau minyak zaitun ini memiliki banyak manfaat untuk Kesehatan kulit, terutama pada wajah. Bahkan, minyak zaitun juga dipercaya mampu mengatasi masalah bruntusan dan jerawat meradang. 

Pemakaian minyak zaitun asli dengan rutin akan membuat kulit wajah kembali halus normal dan terhindar bruntusan. Jika kamu mengalami masalah kulit seperti bruntusan, minyak zaitun ini bisa menjadi solusi mengatasi bruntusan tersebut.  

Selain melakukan pijatan, penguapan dan masker. Kamu juga bisa mengatasi bruntusan di wajah dengan melakukan scrubing minyak zaitun. Caranya cukup mudah yaitu campurkan 2 sendok makan garam laut halus dengan 1 sendok makan minyak zaitun, aduk hingga merata. 

Setelah itu, gosok kulit yang berjerawat atau bruntusan selama sekitar 3 hingga 4 menit secara lembut. Lalu bilas wajah hingga bersih, lakukan perawatan ini seminggu satu kali untuk hasil yang maksimal.

7. Atasi Flek Hitam

img_title
Flek hitam. (Foto : VIVA)

Manfaat minyak zaitun untuk wajah yang terakhir yakni untuk mengatasi flek hitam. Penyebab munculnya flek hitam pada wajah ini bisa diakibatkan dari memakai pil kb. 

Flek hitam di wajah tentu membuat penampilan menjadi kurang menarik dan membuat seseorang tidak percaya diri. Kandungan minyak zaitun ini juga di percaya mampu untuk mengatasi dan memudarkan flek hitam di wajah. 

Pemakaian rutin dan benar, flek hitam akan hilang tanpa harus menggunakan bahan kimia dan obat lainnya.

Itulah 7 manfaat minyak zaitun untuk wajah yang bisa kamu manfaatkan dan gunakan. Cara di atas terbilang sangat mudah dan tidak ribet tentunya, hasilnya pun terbilang akan maksimal dengan melakukan perawatan yang rutin dengan minyak zaitun ini.