Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Hitam dengan 11 Bahan Skincare

Efektif! Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Hitam
Efektif! Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Hitam (Foto : Freepik/ doucefleur)

AntvCara menghilangkan bekas jerawat hitam kerap dicari oleh banyak orang dengan permasalahan jerawat di wajahnya atau pemilik tipe kulit acne-prone.

Bagaimana tidak, jerawat yang sudah berhasil sembuh pun bukan akhir dari masalah. Ada masalah baru yang timbul ketika jerawat sudah kempes, yaitu adalah bekas kehitaman yang ditimbulkannya.

Sama halnya dengan jerawat meradang, permasalahan bekas jerawat juga menjadi momok menakutkan dan menimbulkan rasa tidak percaya diri.

Sebagian wanita mungkin akan menutupnya dengan riasan, namun semua orang pasti berkeinginan untuk menghilangkannya agar tak perlu menutupinya lagi.

Ada banyak cara yang dapat ditempuh untuk menghilangkan bekas jerawat hitam di kulit wajah, baik dengan perawatan skincare routine berkandungan bahan tertentu, maupun dengan bahan-bahan alami.

Tapi, perlu diperhatikan bahwa kulit wajah sangatlah sensitif. Sementara itu, sebagian dari bahan-bahan alami terlalu keras untuk digunakan di kulit wajah, sehingga tak jarang justru menimbulkan iritasi.

Maka dari itu, cara menghilangkan bekas jerawat hitam secara efektif dapat ditempuh dengan penggunaan produk skincare berbahan dasar kandungan tertentu yang terbukti secara klinis dan lebih minim risiko iritasi.

Berikut ini cara menghilangkan bekas jerawat hitam dengan 11 kandungan yang harus ada di produk skincare rutin kamu dirangkum dari berbagai sumber pada Senin, 26 September 2022.

Vitamin C

img_title
Efektif! Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Hitam. (Foto : Freepik/ rawpixel.com)

Cara menghilangkan bekas jerawat hitam dapat dilakukan dengan menggunakan produk skincare berbahan dasar vitamin c. Vitamin c mengandung sifat antiradang dan dapat membantu mengurangi kemerahan serta pembengkakan akibat jerawat.

Penggunaan krim atau serum wajah berbahan dasar vitamin c secara rutin dapat membantu mencerahkan kulit, memudarkan bekas jerawat dan noda hitam, mengurangi kerutan di wajah, mencegah penuaan dini dan mengenyalkan kulit.

Tea Tree Oil

img_title
Efektif! Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Hitam. (Foto : Freepik/ yanadjana)

Tea tree oil merupakan salah satu kandungan yang tepat untuk menghilangkan bekas jerawat hitam di kulit wajah. Tea tree oil sendiri mengandung zat antibakteri dan antimikroba yang dapat membantu membersihkan kotoran yang menghalangi pori-pori. 

Dilansir dari Clinical Microbiology Reviews pada Senin, 26 September 2022, kandungan ini memang sudah dikenal sejak lama sebagai obat jerawat ampuh. 

Rosehip Oil

img_title
Efektif! Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Hitam. (Foto : Freepik/ Olashi-59)

Cara menghilangkan bekas jerawat hitam salah satunya dapat dilakukan dengan penggunaan produk skincare berbahan dasar rosehip oil. 

Manfaat rosehip oil bagi kulit selain dapat menghilangkan bekas jerawat juga dapat membantu mengurangi kemerahan dan peradangan pada kulit.

Selain itu, kandungan asam linoleat yang tinggi dalam minyak tersebut juga dapat membantu meningkatkan produksi kolagen dan elastin pada kulit.

Selain itu, rosehip oil juga bermanfaat untuk mempercepat regenerasi sel kulit yang dapat meminimalkan munculnya bekas luka dan bekas jerawat di kulit.

Alpha Hydroxy Acid (AHA)

img_title
Efektif! Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Hitam. (Foto : Freepik/ sergio_pulp)

Kebiasaan memencet jerawat sangat sulit dihindari bagi banyak orang. Sayangnya, hal tersebut justru memperparah peradangan dan menimbulkan bintik kehitaman pada wajah.

Salah satu cara menghilangkan bekas jerawat hitam tersebut adalah dengan menggunakan produk skincare berbahan dasar Alpha Hydroxy Acid (AHA). Kandungan AHA dalam produk skincare dapat membantu mengobati dan mencegah jerawat tumbuh kembali.

Selain itu, manfaat dari senyawa asam ini juga dapat meregenerasi sel dan mengangkat kulit mati. Meski demikian, produk skincare berbahan AHA tidak boleh dipakai setiap hari, cukup gunakan 2-3 kali dalam seminggu.

Glycolic Acid

img_title
Efektif! Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Hitam. (Foto : Freepik/ tenkende)

Cara menghilangkan bekas jerawat hitam selanjutnya dapat dilakukan dengan menggunakan produk skincare berbahan glycolic acid. Glycolic acid atau asam glikolat sendiri merupakan bahan kimia yang dapat membantu meningkatkan pergantian sel kulit.

Dengan pemakaian rutin skincare berbahan dasar glycoic acid, bekas luka pada kulit akan memudar dan kotoran juga lebih cepat terangkat.

Karena khasiatnya yang luar biasa, asam glikolat menjadi salah satu bahan dasar yang wajib ada dalam produk skincare orang-orang dengan permasalahan jerawat. 

Salicylic Acid

img_title
Efektif! Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Hitam. (Foto : Freepik/ freepik)

Salicylic Acid atau asam salisilat adalah salah satu bahan dasar skincare yang dapat menjadi salah satu cara menghilangkan bekas jerawat hitam di kulit wajah.

Kandungan asam salisilat dapat ditemukan dalam segala jenis produk kecantikan, mulai dari pembersih wajah hingga produk make up BB cream.

Asam salisilat berfungsi untuk membantu menjaga produksi minyak berlebih di wajah. Seperti diketahui, minyak berlebih pada wajah menjadi penyebab utama tersumbatnya pori-pori dan tumbuhnya jerawat.

Selain itu, asam salisilat juga bersifat eksfoliator, artinya kandungan ini bermanfaat untuk mengangkat sel-sel kulit mati dan kotoran pada wajah dengan efektif.

Benzoyl Peroxide

img_title
Efektif! Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Hitam. (Foto : Freepik/ Rhjphotoandillustration)

Cara menghilangkan bekas jerawat hitam selanjutnya adalah dengan menggunakan produk skincare berbahan dasar benzoyl peroxide. Benzoyl peroxide sendiri merupakan senyawa antibakteri yang bekerja paling baik pada kulit berminyak dan berjerawat.

Selain untuk memudarkan bekas jerawat, kandungan ini juga dapat membantu mengobati kulit yang bermasalah ringan hingga sedang dan dapat mencegah timbulnya jerawat kembali.

Retinoid

img_title
Efektif! Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Hitam. (Foto : Freepik/ freepik)

Retinoid juga menjadi salah satu bahan skincare yang cocok untuk orang dengan masalah jerawat dan bekasnya. Retinoid dapat mengontrol jerawat dengan cara meningkatkan pergantian sel kulit.

Senyawa ini terbilang efektif untuk mengurangi peradangan dan noda kehitaman pada wajah. Selain itu, retinoid juga dikenal sebagai zat antipenuaan karena dapat mengatasi kerutan dan garis halus di wajah.

Jadi, dengan pemakaian produk skincare berbahan dasar retinoid, tak hanya masalah jerawat saja yang teratasi. Tapi kamu juga mendapatkan bonus efek antipenuaan dini.

Witch Hazel

img_title
Efektif! Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Hitam. (Foto : Freepik/ freepik)

Cara menghilangkan bekas jerawat hitam selanjutnya dapat dilakukan dengan cara menggunakan produk skincare berbahan dasar witch hazel. Witch hazel sendiri berfungsi sebagai astringen dan disinfektan yang dapat membersihkan kulit secara mendalam.

Selain untuk menghilangkan bekas jerawat, witch hazel juga dapat sekaligus menenangkan kulit yang sedang iritasi. Karena kandungannya yang sangat lembut, skincare dengan bahan ini sangat aman digunakan oleh kulit sensitif.

Azelaic Acid

img_title
Efektif! Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Hitam. (Foto : Freepik/ colnihko)

Cara menghilangkan bekas jerawat hitam juga dapat dilakukan dengan penggunaan produk skincare berbahan dasar azelaic acid atau asam azelaic. Asam azelaic sendiri merupakan senyawa alami yang dapat menghilangkan bekas jerawat.

Selain itu, kandungan ini juga dapat membantu meregenerasi kulit dengan cepat. Oleh karena itulah, zat ini dapat mengurangi pembentukan jerawat dan komedo serta membunuh bakteri penyebab jerawat dan kemerahan pada kulit.

Niacinamide

img_title
Efektif! Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Hitam. (Foto : Freepik/ andmit7)

Niacinamide menjadi salah satu kandungan yang sangat digandrungi oleh para pecinta produk skincare. Bagaimana tidak, manfaat niacinamide bagi kulit telah terbukti efektif.

Selain untuk mencerahkan wajah dan menghilangkan bekas jerawat, niacinamide juga dapat membuat kulit lebih glowing, meredakan jerawat yang aktif, menghilangkan kerutan halus pada wajah serta membuat wajah menjadi kenyal dan lembut.

Nah, itulah 11 kandungan yang wajib ada dalam produk skincare rutin kamu yang memiliki masalah bekas jerawat menghitam. Pada intinya, gunakan produk yang berfungsi untuk mencerahkan kulit dan mempercepat proses regenerasi kulit, sehingga jerawat tidak akan meninggalkan bekas kehitaman lagi.

Selain itu, penting juga untuk menggunakan produk skincare yang dapat mencegah timbulnya jerawat kembali untuk memperkecil risiko munculnya noda kemerahan atau kehitaman pada kulit wajah kamu.

Semoga bermanfaat!