10 Cara Mudah Menghilangkan Bekas Luka dengan Bahan Alami

10 Cara Menghilangkan Bekas Luka Secara Mudah dengan Bahan Alami
10 Cara Menghilangkan Bekas Luka Secara Mudah dengan Bahan Alami (Foto : Freepik/ freepikcontributor)

AntvCara menghilangkan bekas luka di kulit sebenarnya dapat dilakukan dengan mudah di rumah. Selain dengan menggunakan krim penghilang bekas luka, kamu juga bisa menggunakan bahan-bahan alami yang mudah ditemukan di rumah.

Bekas luka yang tak kunjung hilang sendiri dapat mengurangi rasa percaya diri seseorang. Terlebih jika bekas luka tersebut berada di bagian tubuh yang terlihat. Hal itu membatasi seseorang dalam berpakaian.

Meski hal itu dapat diatasi dengan cara mengenakan pakaian panjang dan tertutup, tapi alangkah lebih baiknya jika bekas luka tersebut dihilangkan agar tak mengganggu penampilan. 

Cara menghilangkan bekas luka dengan cepat sebenarnya dapat dilakukan dengan melakukan perawatan rutin di sokter spesialis kulit. Tapi, biaya yang dikeluarkan pun tentu tidak murah.

Hal tersebut membuat banyak orang mencari alternatif cara menghilangkan bekas luka dengan bahan-bahan alami yang mudah ditemui di rumah. Berikut ini 10 cara menghilangkan bekas luka secara mudah dengan bahan-bahan alami dirangkum dari berbagai sumber.

Madu

 

img_title
10 Cara Menghilangkan Bekas Luka Secara Mudah dengan Bahan Alami. (Foto : Freepik/ freepik)

 

Madu merupakan salah satu bahan natural yang bermanfaat untuk menghilangkan bekas luka yang membandel. Di balik rasanya yang manis, madu menyimpan sifat antibakteri, anti radang, dan antioksidan tinggi untuk mempercepat proses pemulihan kulit.

Cara menghilangkan bekas luka dengan madu dapat dilakukan dengan cara mengoleskannya ke area bekas luka. Setelah itu, balut area tersebut dengan perban dan diamkan semalaman. Keesokan harinya, buka perban dan bilas dengan air hangat.

Kopi

 

img_title
10 Cara Menghilangkan Bekas Luka Secara Mudah dengan Bahan Alami. (Foto : Freepik/ A-shamonina)

 

Selain sebagai minuman pencegah kantuk, kopi juga dapat digunakan untuk menghilangkan bekas luka di kulit yang membandel. 

Kopi mengandung antioksidan yang dapat melindungi kulit dari radikal bebas. Selain itu, kopi juga mengandung asam ferulic yang mampu memperbaiki garis-garis halus di kulit. Adapula kandungan kafein sebagai senyawa aktif untuk melindungi kulit dari sinar UV.

Cara menghilangkan bekas luka dengan kopi dapat dilakukan dengan cara membuat scrub berbahan dasar kopi. Caranya mudah sekali, campurkan kopi dengan air mineral atau air mawar, aduk hingga merata hingga teksturnya menyerupai pasta. 

Scrub kopi tersebut digunakan seperti halnya memakai lulur. Oleskan ke bagian tubuh yang memiliki bekas luka. Setelah itu diamkan sejenak hingga setengah kering, lalu gosok perlahan-lahan dengan gerakan memutar.

Lidah Buaya

 

img_title
10 Cara Menghilangkan Bekas Luka Secara Mudah dengan Bahan Alami. (Foto : Freepik/ racool_studio)

 

Cara menghilangkan bekas luka dapat dilakukan dengan memanfaatkan lidah buaya. Lidah buaya sendiri terkenal memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan kecantikan.

Selain bisa mengatasi kulit kering dan mencerahkan kulit, lidah buaya juga membantu menyamarkan dan menghilangkan bekas luka yang membandel.

Cara menggunakannya pun sangat mudah. Kamu bisa mengoleskan gel lidah buaya ke area bekas luka. Setelah itu, diamkan selama 30 menit dan bilas dengan air hingga bersih.

Teh Hijau

 

img_title
10 Cara Menghilangkan Bekas Luka Secara Mudah dengan Bahan Alami. (Foto : Freepik/ ededchechine)

 

Teh hijau merupakan salah satu tanaman yang populer di kalangan para pecinta produk herbal. Sebab, teh hijau memiliki banyak manfaat bagi kesehatan dan kecantikan. 

Tak hanya baik untuk kesehatan tubuh, teh hijau jugaberkhasiat untuk menghilangkan bekas luka yang membandel di kulit.

Hal tersebut disebabkan karena adanya kandungan Epigallocatechin Gallate (EGCG) atau katekin, yakni zat yang bersifat antioksidan, antibakteri, sekaligus antiinflamasi yang terbukti dapat mengatasi berbagai permasalahan kulit.

Cara menghilangkan bekas luka dengan teh hijau cukup mudah. Gosokkan ampas teh hijau pada kulit yang terdapat bekas luka secara rutin setiap hari. Maka, perlahan-lahan bekas luka akan memudar.

Mengkudu

 

img_title
10 Cara Menghilangkan Bekas Luka Secara Mudah dengan Bahan Alami. (Foto : Freepik/ buraratn)

 

Cara menghilangkan bekas luka selanjutnya dapat dilakukan dengan memanfaatkan buah mengkudu. Di balik rasanya yang pahit, buah mengkudu ternyata mengandung antioksidan yang sangat tingg, sehingga bekas luka di kulit dapat memudar dengan cepat.

Caranya mudah, haluskan buah mengkudu secukupnya, lalu masak hingga lembut. Setelah itu, oleskan pada kulit yang terdapat bekas luka dan tunggu beberapa saat. Setelah meresap, kamu dapat membilasnya dengan air bersih. Cara ini harus dilakukan secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Beras Kencur

 

img_title
10 Cara Menghilangkan Bekas Luka Secara Mudah dengan Bahan Alami. (Foto : Freepik/ tyasindayanti)

 

Kencur telah dikenal sebagai bahan alami yang dapat menghilangkan bekas luka di kulit yang sudah menghitam. Sama halnya dengan beras yang kerap dijadikan bahan utama produk-produk kecantikan dan perawatan kulit. Campuran antara beras dan kencur tentu akan menghasilkan duo sempurna untuk mengatasi permasalahan kulit kamu.

Cara menghilangkan bekas luka dengan beras kencur sendiri sangat mudah. Siapkan satu gengga beras yang telah direndam selama 7 menit, tambahkan 4 kencur, lalu tumbuk keduanya hingga halus. Setelah itu, beri air secukupnya agar teksturnya menjadi pasta, lalu oleskan di bagian yang terdapat bekas luka.

Minyak Kelapa

 

img_title
10 Cara Menghilangkan Bekas Luka Secara Mudah dengan Bahan Alami. (Foto : Freepik/ jcomp)

 

Cara menghilangkan bekas luka selanjutnya dapat dilakukan dengan menggunakan minyak kelapa. Minyak kelapa sendiri kaya akan antioksidan sehingga ia sangat berkhasiat untuk enghilangkan bekas luka, terutama akibat jerawat atau dermatitis.

Penggunaannya cukup mudah. Oleskan minyak kelapa ke kulit yang terdapat bekas luka sambil pijit perlahan area tersebut selama kurang lebih 10 menit. Selanjutnya, biarkan kulit menyerap minyak kelapa tersebut selama minimal satu jam. Setelah itu, bilas hingga bersih.

Timun

 

img_title
10 Cara Menghilangkan Bekas Luka Secara Mudah dengan Bahan Alami. (Foto : Freepik/ jcomp)

 

Selanjutnya, cara menghilangkan bekas luka yang sudah menghitam dapat dilakukan dengan menggunakan bahan utama buah mentimun.

Mentimun yang biasanya hanya dijadikan sebagai lalapan atau pelengkap hidangan rupanya menyimpan khasiat untuk mengatasi masalah bekas luka di kulit.

Kandungan mineral dan vitamin yaang terdapat di dalamnya berfungsi secara cepat untuk menghilangkan bekas luka membandel di kulit. Selain itu, timun juga berguna untuk mencerahkan kulit secara alami.

Caranya mudah sekali. Iris timun tipis-tipis, lalu tempelkan pada area yang terdapat bekas luka dan diamkan selama kurang lebih 30 menit. Setelah itu, basuh kulit dengan air bersih dan lakukan langkah-langkah di atas secara rutin untuk hasil yang maksimal.

Minyak Zaitun

 

img_title
10 Cara Menghilangkan Bekas Luka Secara Mudah dengan Bahan Alami. (Foto : Freepik/ freepik)

 

Khasiat minyak zaitun sudah tidak perlu diragukan lagi. Selain untuk kesehatan, minyak zaitun juga sangat berguna untuk perawatan kecantikan. Terbukti, ada banyak sekali produk kecantikan yang mengandung minyak zaitun di pasaran.

Minyak zaitun sendiri kaya akan vitamin K dan vitamin E yang sangat baik untuk kulit. Selain itu, minyak zaitun juga mengandung antioksidan dan asam yang tinggi sehingga efektif untuk mengatasi permasalahan bekas luka pada kulit.

Kandungan zat linoleic acid dalam minyak zaitun juga berguna untuk memudarkan bekas luka kehitaman di kulit. Selain itu, minyak zaitun juga mengandung polifenol yang berfungsi melindungi sel-sel dari kerusakan.

Cara menghilangkan bekas luka dengan minyak zaitun sangatlah mudah, cukup campurkan minyak zaitun dengan baking soda. Kemudian gosokkan perlahan pada area bekas luka dan tunggu beberapa saat.

Namun, kamu juga bisa hanya mengoleskan minyak zaitun saja secara rutin di area bekas luka pada malam hari dan bilas keesokan harinya. Lakukan langkah-langkah di atas seara rutin agar hasil yang didapatkan maksimal.

Lemon

 

img_title
10 Cara Menghilangkan Bekas Luka Secara Mudah dengan Bahan Alami. (Foto : Freepik/ KamranAydinov)

 

Selain untuk mencerahkan dan membuat kulit tampak bersinar, lemon juga bermanfaat untuk menghilangkan bekas luka kehitaman yang membandel.

Tapi, perlu diperhatikan juga efek samping yang mungkin terjadi dari penggunaan lemon sebagai cara menghilangkan bekas luka yang menghitam. Menurut dokter kulit John Diaz, jus lemon mengandung asam sitrat dan bahan kimia yang dikenal sebagai psoralen. Keduanya dapat menimbulkan iritasi pada kulit.

Untuk mengurangi risiko iritasi, kamu juga dapat menggunakan produk-produk perawatan kulit yang mengandung ekstrak lemon untuk mengatasi bekas luka pada kulit.

Nah, demikianlah cara-cara yang dapat ditempuh untuk menghilangkan bekas luka kehitaman yang membandel di kulit dengan bahan-bahan alami yang mudah ditemui. 

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, kamu harus melakukannya secara rutin. Selain itu, kamu juga harus menjaga kelembapan kulit dengan rutin menggunakan lotion pelembap setiap pagi dan malam.

Selain itu, pastikan kamu minum air putih dengan cukup untuk membantu menghidrasi kulit dari dalam. Semoga bermanfaat!