Meninggal Dunia, Lisa Rumbewas, Atlet Kebanggaan Indonesia Peraih Tiga Medali Olimpiade

Lisa Rumbewas, saat meraih medali perunggu di Olimpiade 2008 Beijing
Lisa Rumbewas, saat meraih medali perunggu di Olimpiade 2008 Beijing (Foto : istimewa)

Antv – Lifter kebanggaan Indonesia asal Papua, peraih tiga medali Olimpiade, Lisa Raema Rumbewas meninggal dunia. 

Masyarakat olahraga prestasi Indonesia berduka atas meninggalnya salah satu mantan atlet Indonesia asal Papua yang telah menyumbangkan tiga medali Olimpiade yaitu, Lisa Raema Rumbewas.

Dikabarkan, Patriot Olahraga kebanggaan Indonesia itu meninggal dunia pada Minggu 14 Januari 2024 sekitar pukul 03.00 WIT di RSUD Jayapura.

“Selaku Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat dan mewakili masyarakat olahraga prestasi, saya menyampaikan turut berduka cita. Semoga mendiang Lisa mendapatkan tempat yang mulia di sisi Tuhan, yang Maha Pengasih, dan Jasanya sebagai Patriot Olahraga akan selalu dikenang, serta memotivasi para Lifter Indonesia untuk meraih prestasi dunia,” kata Ketum KONI Letjen TNI Purn Marciano Norman.

Semasa menjadi atlet, Lisa telah mempersembahkan 3 medali Olimpiade untuk Indonesia di samping beberapa medali pada kompetisi lainnya.

Pada debutnya di Olimpiade Sydney 2000, putri dari pasang atlet binaraga Levi Rumbewas dan atlet angkat besi Ida Korwa, berhasil meraih medali perunggu di kelas 48 kg.

Olimpiade Athena 2004, ia meraih medali perak kelas 53 kg. Medali Olimpiade ketiganya adalah perunggu Olimpiade Beijing 2008. Medali tersebut diberikan (IOC) yang diwakili Komite Olimpiade Indonesia (KOI) pada 3 Desember 2017, di Hotel Sheraton Gandaria, Jakarta.