Dibantai Iran 0-5, Timnas Indonesia Kalah Tiga Kali Beruntun, Ini Kata Pelatih Shin Tae-Yong

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-Yong
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-Yong (Foto : PSSI)

AntvTimnas Indonesia telah menelan tiga kekalahan beruntun dalam partai uji coba sebelum berlaga di Piala Asia 2023 Qatar. Piala Asia 2023 merupakan edisi ke-18 dan akan berlangsung di Qatar pada tanggal 12 Januari - 10 Februari 2024. Indonesia tergabung di Grup D bersama Irak, Vietnam dan Jepang. Kali terakhir, Timnas Indonesia berlaga pada 2007.

Untuk tampil di ajang ini, Timnas Indonesia menjalani pemusatan latihan di Turki. Selama pemusatan latihan, Indonesia menjalani tiga laga uji coba. Hasilnya, Timnas Indonesia babak belur. Indonesia tiga kali beruntun mengalami kekalahan. Dua kekalahan diderita dari Libya dalam uji coba di Turki.

Pada laga perdana yang berlangsung 2 Januari, Indonesia dibantai 0-4. Tiga hari kemudian, Indonesia kalah lagi dari Libya dengan skor 1-2. Dan, pada laga uji coba pamungkas, Indonesia kembali menerima kekalahan telak. Kali ini dari Iran dengan skor 5-0 dalam pertandingan yang berlangsung di Doha, Qatar, 9 Januari 2024.

img_title
Timnas Indonesia kalah dari Iran 0-5 dalam laga uji coba, 10 Januari. (Foto: PSSI)
"Pemain sudah berjuang dan kerja keras di lapangan. Memang ada beberapa kesalahan dari lini belakang kita, apalagi ada tiga gol yang merupakan hasil dari kesalahan kita sendiri, " kata Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong.

"Kedepannya lawan akan lebih banyak menguasai bola. Karenanya kita akan melatih situasi itu, agar pemain bisa mencari celah untuk menyerang balik dan menciptakan peluang yang baik, " tambahnya.

Pada laga ini, pelatih Shin Tae-yong mempercayakan posisi penjaga gawang kepada Ernando Ari. Kemudian pemain belakang diisi oleh Elkan Baggott, Jordi Amat, Rizky Ridho, Pratama Arhan Yakob Sayuri, Ivar Jenner, Justin Hubner di posisi tengah dan Marcelino Ferdinan, Witan Sulaeman, Rafael Struick sebagai penyerang.

Hasilnya, Timnas Indonesia tertinggal dengan skor 0-3 di babak pertama. Gol-gol Iran dicetak oleh Shaman Ghoddoos 2', Roozbeh Cheshmi 21, Saman Fallah 35. Kemudian, dua gol tambahan di babak kedua oleh Iran dicetak pada menit ke-71' dan 87' oleh Mehdi Ghayedi.