Semifinal Piala Dunia FIFA U-17, Sedihnya Mali Tumbang, Perancis Ke Final Tantang Jerman

Singkirkan Mali, Perancis ke final FIFA U-17 di Solo
Singkirkan Mali, Perancis ke final FIFA U-17 di Solo (Foto : LOC WCU17/RKY)

Antv – Hasil pertandingan semifinal Piala Dunia FIFA U-17 di Indonesia 2023, Timnas Mali U-17 memang membuktikan kelasnya dengan bermain bagus, tapi sayang laga final menjadi milik Perancis U-17. Les Bleus menang 2-1 pada pertandingan yang berlangsung di Stadion Manahan, Solo, Selasa malam 28 November 2023.

Di partai final, Perancis U-17 bertemu Jerman U-17 pada Sabtu, 2 Desember 2023 di Stadion Manahan, Solo, Indonesia. Sementara Mali U-17 memperebutkan peringkat tiga melawan Argentina U-17, sehari sebelum final dilangsungkan atau Jumat, 1 Desember 2023.

Di laga semifinal, Mali menunjukkan sebagai tim yang sesungguhnya pantas diperhitungkan. Bahkan Mali menghasilkan gol lebih dahulu di akhir babak pertama (45+4') lewat kaki kapten Ibrahim Diarra. Dia memanfaatkan kesempatan dengan baik setelah bola buangan kiper Perancis yang melayang tepat di depan matanya. Tanpa pikir panjang, dia pun langsung meneruskan. Bola masuk tanpa bisa dihentikan. Untuk kali pertama pula kiper Paul Argney kebobolan. Sebelumnya sepanjang turnamen, Argney belum pernah kemasukan kecuali dalam adu penalti.

Sayang, permainan keras Mali menjadi bumerang buat mereka. Mali akhirnya harus kehilangan seorang pemain Souleymane Sanogo yang diganjar kartu merah. Hasil VAR membuktikan Sanogo telah melakukan pelanggaran keras dengan melakukan tekel terhadap Sadi Aymen. Mali pun harus bermain dengan 10 pemain di menit ke-55.

Ini menjadi keuntungan bagi Prancis dan mereka membalasnya dengan dua gol ke gawang Mali. Gol pertama datang dari sundulan Yvann Titi di menit 56, dia mengambil umpan tendangan bebas dari Ismail Bouneb. skor imbang 1-1. Meski kebobolan, intensitas serangan Mali tidak berkurang.

Sayangnya banyak peluang tercipta tetapi belum terkonversi gol. Sebaliknya permainan semakin keras, hingga berakibat pelanggaran. Pelanggaran yang dilakukan pemain Mali memberikan Perancis hadiah tendangan bebas lagi. Bouneb pun mengeksekusi dengan baik di menit ke-69. Tendangan langsungnya yang melengkung menembus blokade pemain yang berdiri di depan gawang. Bola meluncur ke pojok kiri bawah gawang Mali tanpa bisa diantisipasi. Keunggulan untuk Prancis 2-1.

Dua kesempatan emas kembali didapatkan Mali, sayang lagi-lagi belum bisa berbuah gol. Bahkan peluang emas di dua menit jelang pertandingan berakhir hanya membentur mistar atas gawang Prancis. Hingga peluit panjang berbunyi, keunggulan tetap untuk Les Bleus.