Hasil Kualifikasi Euro 2024: Berikut 17 Negara yang Telah Memastikan Lolos ke Putaran Final

Hasil Kualifikasi Euro 2024: Berikut 17 Negara yang Telah Memastikan Lolos ke Putaran Final
Hasil Kualifikasi Euro 2024: Berikut 17 Negara yang Telah Memastikan Lolos ke Putaran Final (Foto : uefa.com)

Antv – Serbia menjadi negara ke-17 yang memastikan lolos ke putaran final Euro 2024 meski bermain imbang 2-2 kontra Bulgaria pada pertandingan terakhir Kualifikasi Grup G di Stadion Dubocica, Leskovac, Minggu malam (19/11/2023), waktu setempat.
 
Hasil imbang tersebut menempatkan Serbia di peringkat kedua klasemen akhir Grup G dengan total 14 poin dari delapan pertandingan, demikian catatan UEFA.
 
Pada pertandingan ini, Serbia sempat unggul terlebih dahulu lewat Milos Veljkovic, namun Bulgaria sempat membalikkan keadaan melalui Georgi Rusev serta Kiril Despodov.
 
Skauad Dragan Stojkovic akhirnya sukses mengamankan hasil imbang setelah bek Srdjan Babic membobol gawang Bulgaria pada menit ke-82.
 
Secara statistik Serbia mendominasi jalannya pertandingan dengan mencatatkan 56 persen penguasaan bola serta melepaskan 13 tendangan yang delapan di antaranya tepat sasaran.

Setelah Serbia memastikan diri lolos ke Euro 2024, tercatat total sudah ada 17 negara yang dipastikan tampil di putaran final, termasuk tuan rumah Jerman.
 
Kini empat tiket tersisa dari babak kualifikasi grup akan diperebutkan oleh Italia dan Ukraina di Grup C, Kroasia dan Wales bersaing di Grup D, Republik Ceko dan Moldova dari Grup E serta Slovenia dan Kazakhstan berebut di Grup H.
 
Sementara itu, tiga tiket lainnya akan diperebutkan melalui jalur play-off yang dipastikan akan diikuti oleh Polandia, Finlandia, Israel, Bosnia-Herzegovina, Georgia, Yunani dan Luksemburg.
 
Berikut 17 negara yang memastikan diri lolos ke putaran final Euro 2024:
 
1. Jerman (tuan rumah)
2. Spanyol
3. Skotlandia
4. Prancis
5. Belanda
6. Inggris
7. Turki
8. Albania
9. Belgia
10. Austria
11. Hungaria
12. Serbia
13. Denmark
14. Rumania
15. Swiss​​​​​​​
16. Portugal
17. Slovakia