Tidak Perdulikan Statistik Pertemuan, Shin Tae-yong Pastikan Timnas Indonesia Tak Seperti Dulu

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong (Foto : Dok. PSSI)

Antv – Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong memastikan bahwa skuad Garuda bakal memberikan penampilan terbaiknya saat menghadapi Irak dalam matchday pertama Grup F putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Timnas Indonesia suda berada di Irak selama empat hari untuk beradaptasi dengan cuaca termasuk lapangan di Irak. Persiapan skuad Garuda untuk menantang Irak tentu sudah semakin baik.

"Ini adalah laga tandang pertama kami. Kami menyadari Tim Irak lebih kuat dibandingkan kami, dan memiliki para pemain berbakat. Namun kami juga memiliki persiapan yang bagus sejauh ini, jadi kami akan berusaha memberikan penampilan terbaik kami di pertandingan besok," kata Shin Tae-yong, seperti dikutip dari laman resmi PSSI, pada Kamis, 16 November 2023.

Saat ditanya mengenai 65 ribu suporter yang akan memadati stadion saat laga nanti, pelatih asal Korea Selatan itu mengatakan pemainnya tak gentar, karena sudah siap mental.

"Sebagaimana saya sebutkan sebelumnya, ini adalah laga tandang di kandang Irak. Hampir semua suporter sepak bola di Asia memiliki antusiasme tinggi terhadap olahraga ini. Saya tahu fans timnas Irak akan mendukung penuh tim mereka," jelasnya.

"Namun saya juga telah meminta para pemain kami untuk menikmati setiap momen pertandingan walau dukungan suporter tidak sebanyak yang diterima tuan rumah tapi kami akan mengusahakan yang terbaik untuk menciptakan peluang bagi. Selain itu para pemain kami juga lebih siap secara mental untuk laga ini," sambungnya.

Lebih lanjut, Shin Tae-yong tidak memperdulikan perihal rekor pertemuan Timnas Indonesia kontra Irak. Pelatih asal Korea Selatan itu menilai bahwa kini skuad Garuda sudah mengalami perubahan.