PSSI Tak Larang Bendera Palestina Berkibar: Bendera Palestina, Yes! Terobos Lapangan, No!

PSSI Tak Larang Bendera Palestina Berkibar di Stadion
PSSI Tak Larang Bendera Palestina Berkibar di Stadion (Foto : Dok. PSSI)

AntvKetua Umum PSSI, Erick Thohir menegaskan bahwa bendera Palestina diperbolehkan untuk dikibarkan dalam kompetisi di bawah naungan FIFA. Hal tersebut diungkapkan Erick usai melakukan koordinasi dengan pihak FIFA.

Erick Thohir memastikan bahwa bendera Palestina boleh berkibar saat para suporter hadir di stadion. Menurut Erick, FIFA tidak mempermasalahkan pengibaran bendera Palestina sebagai simbol dukungan pada kemanusiaan dan perlindungan HAM.

"FIFA menghargai kebebasan berekspresi. Apalagi pada perlindungan HAM dan kemanusiaan. Ini terutama dalam konteks pengibaran bendera Palestina. Jadi PSSI dalam hal ini menegaskan tidak ada pelarangan apalagi sanksi," kata Erick, dikutip dari laman resmi PSSI, pada Rabu, 07 November 2023.

Erick pun mengomentari isu yang berkembang bahwa Komite Disiplin PSSI menjatuhi sanksi pada Persiraja Banda Aceh akibat berkibarnya bendera Palestina. Menurutnya, hal tersebut merupakan sebuah disinformasi yang disebarkan oleh oknum tak bertanggung jawab. 

Sebab, kata Erick, yang menjadi sorotan dalam kasus itu bukanlah bendera Palestina melainkan soal suporter melakukan pitch invasion.

img_title
PSSI Tak Larang Bendera Palestina Berkibar di Stadion. (Foto: Dok. PSSI)

"Jadi tegas yang terjadi di Persiraja bukan karena ada suporter mengibarkan bendera Palestina tapi soal suporter yang melakukan pitch invasion yang hal itu tidak diperkenankan. Apalagi kita sangat ketat menerapkan standar keamanan di lapangan seusai peristiwa Kanjuruhan.’’ ujarnya.