Asian Para Games 2022: Para-Catur Bertekad Pertahankan Gelar Juara

Tim Para-Catur Asian Games 2022
Tim Para-Catur Asian Games 2022 (Foto : Dok. NPC Indonesia)

Antv – Skuad para-catur Indonesia siap mempertahankan gelar juara umum pada Asian Para Games (AiPG) Hangzhou 2022. Berkekuatan 18 atlet, para-catur Indonesia ditargetkan membawa pulang lima medali emas, tiga medali perak dan dua perunggu.

Berkaca pada Asian Para Games Jakarta 2018, Indonesia berhasil menjadi juara umum cabor para-catur dengan total 22 medali, rinciannya 11 medali emas, 5 perak, dan 6 perunggu.

Salah satu punggawa para-catur Indonesia, Wilma Margaretha Sinaga berharap bisa mengulangi capaian itu.

"Kami berharap kalau bisa targetnya tetap juara umum," kata Wilma usai latihan di Hangzhou Qi-Yuan Chess Hall, Hangzhou, China, pada Jumat, 20 Oktober 2023.

"Kalau tingkat Asia saat Asian Para Games 2018 di Indonesia, kami berhasil juara umum. Nah untuk kali ini, mudah-mudahan bisa juara umum lagi walau kita tidak menjadi tuan rumah supaya kita tidak disebut jago kandang," tambah Wilma.

Torehan apik juga dicatatkan pada ASEAN Para Games 2023 di Kamboja pada Juni lalu. Indonesia menjadi juara umum para-catur dengan catatan 15 medali emas, 17 medali perak dan 8 medali perunggu.

Sementara itu pelatih para-catur, Tedy Wiharto melihat kini banyak tantangan yang dihadapi Indonesia, di antaranya tentang peta kekuatan yang masih belum diketahui lantaran banyak negara peserta baru. Terlebih pada tahun ini, tuan rumah, China juga mengirimkan atlet terbaik pada gelaran AiPG Hangzhou 2022.