Asian Para Games 2022: Venue Lomba Dikelilingi Bukit, Atlet Para-Panahan Hadapi Tantangan Angin

Tim Para-panahan Indonesia di Asian Para Games 2022
Tim Para-panahan Indonesia di Asian Para Games 2022 (Foto : Dok. NPC Indonesia)

Antv – Tim para-panahan Indonesia melakukan latihan perdana di lokasi pertandingan di Fuyang Yinhu Sports Centre, Hangzhou, China, pada Kamis, 19 Oktober 2023 pagi. Lokasi pertandingan ini cukup menarik sekaligus menjadi tantangan tersendiri bagi atlet para-panahan lantaran dikelilingi perbukitan yang mempengaruhi laju angin.

Pada uji coba lapangan perdana tersebut, tim para-panahan Indonesia melakukan aklimatisasi cuaca yang berbeda antara Hangzhou dan Solo. Meski cuaca cukup dingin, namun angin berhembus cukup kencang.

Pelatih tim para-panahan Indonesia, Idya Putra Harijanto menjelaskan atlet para-panahan sudah terbiasa bertanding di venue yang dikelilingi bukit seperti di sini.

“Atlet kita sudah pernah mengalami kondisi seperti ini ketika di Perpanas Papua yang juga dikelilingi bukit dan angin yang memutar. Jadi kurang lebih gambarannya sama seperti di sini. Insya Allah tantangan angin ini bisa diatasi oleh atlet kita,” kata Idya Putra Harijanto.

img_title
Tim Para-panahan Indonesia mulai berlatih. (Foto: Dok. NPC Indonesia)

Untuk mengantisipasi tekanan angin itu, pelatih telah memberikan instruksi agar atlet mengkoreksi bidikan.

“Dari kami tim pelatih menginstruksikan pada atlet supaya siap untuk menghafalkan tekanan angin untuk mengkoreksi bidikan. Koreksi itu supaya tidak selalu terpaku dalam bidikan yang sama atau kuning. Karena tekanan angin cukup berbeda di shooting line dengan yang berada di bantalan,” jelas Idya.